Cara Membuat Google Chrome Menjadi Aplikasi Browser Default di Android

Membuat sebuah aplikasi menjadi default dalam sebuah smartphone merupakan hal yang perlu kamu atur apalagi jika smartphone kamu baru. Biasanya jika tidak mengaturnya, aplikasi default akan langsung memilih sendiri sesuai dengan yang direkomendasi oleh sistem. Misalnya aplikasi browser menggunakan aplikasi bawaan sistem yang dimiliki masing masih smartphone. Karena setiap smartphone pasti memiliki browser bawaan yang secara otomatis langsung ada tanpa perlu lagi menginstalnya.

Namun sebagian pengguna malah kurang tertarik dengan aplikasi default yang digunakan oleh sistem, terutama masalah ini biasanya pada aplikasi browser. Banyak orang yang sudah familiar dengan adanya Google Chrome, karena memang interfacenya yang mudah dimengerti dan dipahami oleh banyak pengguna.

Cara Mengatur Aplikasi Default di Android
Cara Mengatur Aplikasi Default di Android

Akan tetapi saat kamu mengakses alat url terkadang aplikasi yang terbuka malah bukan browser yang kita inginkan. Sehingga hal ini membuat kamu sedikit kebingungan karena belum terbiasa beradaptasi dengan browser lain. Nah, bagaimana caranya menentukan aplikasi browser default sesuai dengan yang kita inginkan, misalnya dalam hal ini akan menggunakan Google Chrome sebagai aplikasi default sistem.

Cara Membuat Google Chrome Menjadi Aplikasi Browser Default di Android

Aplikasi browser Google Chrome diklaim mampu menghemat kuota lebih dari 50%. Begitu Google Chrome selesai diinstall, mode ringan akan aktif secara default yang disertai dengan pemberitahuan singkat mengenai fungsi dan manfaatnya. Disediakan pula opsi untuk menonaktifkan mode ringan jika anda tidak tertarik dengan fitur tersebut dan ingin membuka halaman web seperti apa adanya. Ini merupakan bagian dari fitur unggulan Google Chrome sehingga banyak disukai oleh banyak pengguna.

Adapaun langkah-langkahnya untuk membuat Google Chrome menjadi aplikasi browser default adalah sebagai berikut.

1. Silahkan masuk dulu pada Pengaturan Sistem, pilih Manajemen Aplikasi

2. Pilih pada aplikasi default, disini kamu bisa mengatur beberapa aplikasi yang ingin kamu gunakan sebagai aplikasi default atau bawaan sistem. Mulai dari aplikasi untuk browser, Aplikasi pemutar musik, aplikasi pemutar musik, aplikasi telepon dan Aplikasi pesan instant.

3. Untuk mengubah browser, silahkan kamu pilih aplikasi browser, maka kamu akan ditampilkan pada list beberapa aplikasi browser yang terinstal pada smartphone kamu.

4. Jika kamu ingin menggunakan Google Chrome, silahkan pilih saja Google Chrome. Maka secara otomatis saat kamu membukan link atau url, maka akan langsung diarahkan pada browser Google Chrome.

Selamat mencoba! Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk anda.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.