Cara Membuat Google Forms Paling Mudah di Smartphone Android

Apakah Anda tau Google Forms ? Google Forms adalah salah satu layanan yang telah disediakan untuk membuat kusioner online terbaik yang sampai saat ini. Tidak hanya itu, layanan ini mudah digunakan dan juga tidak berbayar atau gratis.

Jadi, Anda bisa membuat berbagai formulir dengan Google Forms. Formulir yang Anda buat bisa seperti formulir pendaftaran, kusioner atau survey pendapat mengenai suatu hal dengan berbagai macam bentuk pertanyaan yang dibuat menurut Anda sendiri.

Cara Membuat Google Forms di Smartphone Android
Cara Membuat Google Forms di Smartphone Android

Sumber Gambar

Menariknya, output yang disajikan nanti akan dianalisis secara otomatis dan kemudian akan ditampilkan dalam bentuk grafik sehingga Anda akan mudah dalam membaca data yang dikumpulkan.

Baca Juga :

Memang benar, banyak sekali layanan formulir online gratis untuk membuat kusioner online. Namun yang paling sering digunakan dan cukup populer yaitu Google Forms. Maka dalam artikel kali ini kami akan memberikan tutorialnya melalui smarphone Android yang Anda gunakan.

Cara Membuat Google Forms Paling Mudah di Smartphone Android

Dalam membuat Google Forms sebenarnya bisa dilakukan di Laptop maupun smartphone. Namun, smartphone memang lebih nyaman dibawa kemana saja dan selalu digunakan setiap hari. Ketika Anda membuat Google Forms lewat smartphone pastikan ada koneksi internet. Baiklah, langsung saja Anda bisa melihat caranya sebagai berikut :

1. Buka Browser di Smartphone

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka browser. Kalau bisa, browser yang digunakan adalah Google Chrome.

2. Login Gmail

Langkah kedua, Anda harus login gmail terlebih dahulu. Bagi yang belum memiliki akun gmail, silahkan bisa membuat akun gmail disini.

3. Kunjungi Website

Langkah ketiga, ketika Anda sudah selesai login gmail maka langsung tulis alamat website https://docs.google.com/form untuk dikunjungi terlebih dahulu.

4. Memperbaiki Tampilan

Langkah keempat, disaat Anda sudah mengunjungi alamat di langkah ketiga, langsung ketuk tanda titik tiga di pojok kanan atas dan aktifkan tampilan Desktop site. Dengan mengaktifkan Desktop site, akan membuat tampilan formulir nyaman di smartphone seperti pada laptop atau PC.

5. Membuat Formulir

Langkah kelima adalah membuat formulirnya, Dalam membuat formulirnya Anda bisa memilih bentuk atau jenis pertanyaan yang ingin digunakan. Buatlah sesuai keinginan dan kebutuhan formulir yang memang ingin digunakan.

6. Kirim Link

Langkah keenam, ketika Anda sudah selesai membuat formulirnya langsung saja klik tombol kirim yang berada di menu diatas formulir. Tidak hanya membuat formulir, Anda juga dapat menambahka foto dan mengganti tema untuk mempercantik tampilannya.

7. Menyalin Link

Langkah ketujuh, saat Anda sudah mengetuk kirim, maka Anda bisa mengirim link melalui email dan Anda harus memasukan email satu-satu terlebih dahulu yang ingin Anda kirim. Namun ada yang lebih cepat, pilihlah tanda yang berada di tengah untuk menyalin link dan Anda bisa share link tersebut melalui media sosial.

Apakah Anda sudah paham ? Jika Anda mengikuti langkah-langkah diatas secara berurutan pastinya sudah berhasil. Semoga bermanfaat dan jangan lewatkan artikel menarik lainnya disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.