Cara membuat partisi SD Card di android

Smartphone tak jauh berbeda dengan komputer, hanya ukurannya saja yang mungkin membedakannya, karena beberapa fungsi komputer kini juga dapat di jalankan dengan sempurna di smartphone, yang dalam hal ini adalah smartphone android. Tetapi memang beberapa hal tidak mungkin dapat di jalankan di smartphone untuk saat ini. Apalagi saat ini peranan smartphone untuk beberapa hal dapat menggantikan komputer seperti mengolah data, menjalankan aplikasi, internetan, menyimpan data dan lain sebagainya.

Partisi SD Card, Manajemen Memory, Aparted Download
Aplikasi Partisi memory (Aparted)

Media penyimpanan di smartphone saat inipun hampir menyamai kapasitas penyimpanan komputer untuk beberapa tahun yang lalu. Penulis masih dahulu ketika membeli komputer harddisk paling tinggi saat itu adalah 80 GB. Dan kini smartphone atau tablet android dapat menampung data dengan kapasitas hingga 64GB, hanya dengan SDCard yang ukurannya seper seribu ukuran hardisk. Dan tidak menutup kemungkinan dimasa mendatang kapasitas penyimpanan eksternal (SD Card) ini akan terus bertambah sebagaimana kapasitas hard disk yang kita udah mencapai ukuran Tera.

Nah jika di komputer kita dapat membagi – bagi ruang penyimpanan menjadi beberapa bagian (Drive C, D, dan E) misalnya. Hal tersebut dimaksudkan untuk mempermudah menyimpan data sesuai dengan tipe datanya. Selain dari pada itu membagi atau partisi harddisk juga mempercepat proses pencarian data. Lantas bagaimana dengan dengan smartphone atau tablet android?. Sama  halnya dengan komputer kita juga dapat membuat beberapa partisi untuk SD Card yang kita gunakan sebagai media penyimpanan eksternal untuk perangkat android kita.

Dengan bantuan aplikasi AParted ( Sd card Partition ) kita dapat dengan mudah membuat partisi, menghapus partisi, melakukan format terhadap partisi yang kita buat, memperbaiki file system yang rusak, atau bahkan membuat swap partisi. Dan adapun tipe atau jenis partisi yang bisa anda gunakan adalah FAT16, FAT32, EXT2, EXT3, EXT4, dan SWAP. Silahkan klik disini untuk download Aparted. Perlu anda ketahui untuk dapat menjalankan aplikasi ini anda harus melakukan root atau SuperUser (SU) telah terinstall.

 

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *