Cara Membuat Tampilan Ponsel Samsung Galaxy Terasa Seperti Google Pixel

Mengubah tampilan Samsung Galaxy layaknya Google Pixel ternyata bisa Anda lakukan dengan mudah. Hal ini untuk membuat sebuah perubahan manakala Anda sedang bosan dengan tampilan Samsung yang familiar tersebut.

Mengubah Tampilan Samsung Galaxy Jadi Google Pixel
Mengubah Tampilan Samsung Galaxy Jadi Google Pixel

image source

Samsung menerapkan antar muka One UI yang tentunya akan berbeda dengan antar muka smartphone lainnya, termasuk salah satunya ponsel Pixel. Namun pada beberapa orang ternyata tidak ingin melihat antar muka ini, sehingga membutuhkan launcher untuk menerapkannya. Saat ini Samsung telah resmi merilis One UI 3.0 yang terdapat beberapa fitur kostumisasi yang melekat di dalamnya.

Nah dalam artikel ini, penulis akan membahas cara membuat tampilan ponsel Samsung terasa seperti ponsel Google Pixel. Jadi setidaknya Anda bisa menikmati beberapa fitur yang hampir mirip dengan Google Pixel. Akan tetapi perlu Anda ketahui bahwa, langkah ini hanya dapat Anda gunakan untuk perangkat Samsung yang sudah menjalankan One UI 3.0.

Mengapa Harus Ponsel Pixel?

Saat ini Google Pixel mampu menjadi raja teratas pada dunia Android, meski hal ini tidak sama dengan Apple yang hanya menjadi pemeran tunggal tanpa saingan. Terbukti belakangan ini semakin banyak merek smartphone berbasis Android, seperti halnya Samsung, Huawei, Xiaomi, LG, Lenovo, Meizu dan Microsoft. Bahkan, Nokia dan Blackberry pada akhirnya turut serta menggunakan Android sebagai sistem operasi pada perangkatnya.

Semakin banyak nama maka biasanya tercipta sebuah kompetisi. Dan dalam kompetisi ponsel pintar Android ini, Business Insider Amerika Serikat menyebut pemenangnya adalah Google Pixel, ponsel besutan Google sendiri yang bahkan mampu menjadi saingan iPhone Apple. Sehingga tidak jarang, jika orang ingin mengubah ponselnya seakan-akan menjadi ponsel Pixel walau bukan ponsel Pixel yang sebenarnya.

Kenapa Google Pixel Tidak Dijual Resmi Di Indonesia?

Google Pixel tentunya tidak akan sama dengan perangkat lainnya dari berbagai produsen walaupun sama-sama menjalankan system operasi Android. Ada beberapa layanan Google Mobile Service (GMS) yang ada pada varian Pixel, namun tidak Google sematkan pada ponsel lain. Seperti Google Cloud Service. Layanan ini hanya akan Anda temukan pada ponsel Pixel, yang secara khusus merupakan salah satu keunggulan perangkat Google dengan perangkat lainnya.

Meski begitu, pada awalnya Google memang berkomitmen dengan beberapa produsen ponsel untuk menerapkan OS Android absolut ini. Sebut saja Samsung, HTC, Motorola, Huawei, dan LG, melalui produk ponsel bernama Google Nexus.

Terkait soal penjualan ponsel Google Pixel, ternyata ada alasan mengapa beberapa Negara termasuk salah satunya Indonesia tidak mengizinkan ponsel canggih ini dijual secara resmi. Seperti mengutip dari HiTekno, ada salah satu fitur yang bernama Motion Sense yang bekerja layaknya radar tertanam pada ponsel Google Pixel. Fitur ini dianggap sebagai penyebab masalah kurang diterimanya ponsel Google Pixel pada beberapa negara, terkait lisensi spektrum pada fitur tersebut yang bekerja melalui frekuensi 60 GHz.

Untuk menggunakan fitur tersebut pada sebuah ponsel, produsen/vendor harus meminta izin kepada negara tujuan pasar. Termask Indonesia, India, dan Jepang, yang tidak berkenan fitur itu hadir dalam sebuah ponsel yang dipasarkan di negaranya. Sehingga hingga saat ini Ponsel Pixel tidak resmi dijual di Indonesia layaknya ponsel-ponsel dari produsen lain. Nah, untuk itu, penulis berikan langkah-langkah untuk membuat ponsel Samsung berubah layaknya ponsel Pixel.

Cara Membuat Ponsel Samsung Galaxy Terasa Seperti Ponsel Pixel

Instal Aplikasi Hex installer

Hex Installer adalah salah satu aplikasi terbaik untuk menyesuaikan One UI. Ini memungkinkan Anda membuat tema khusus dengan warna aksen khusus dan Anda dapat membuat elemen UI tidak terlalu bulat, biasanya cocok dengan seri Note. Tema yang Anda buat nantinya akan dikenali oleh aplikasi tema bawaan, jadi menerapkannya tidak perlu memodifikasi telepon Anda dengan cara apa pun. Aplikasi ini menggunakan plugin, modul yang mudah Anda dapatkan melalui Play Store. Anda bisa menggunakan plugin AOSP R Day/Night untuk mendapatkan tampilan stok.

Setelah kedua aplikasi tersebut Anda instal, masuk ke Hex dan tekan edit. Dari sana, Anda akan masuk ke menu plugin dan pilih AOSP R, lalu masuk ke berbagai menu dan sesuaikan dengan keinginan Anda. Ada banyak hal yang dapat Anda ubah. Jika Anda tidak ingin melakukan kostumisasi tampilan AOSP, maka biarkan semuanya seperti apa adanya setelah plugin dipilih.

Instal Aplikasi Homescreen

Untuk mendapatkan Homescreen yang Anda inginkan sesuai dengan yang Google Pixel gunakan, Anda bisa menginstal aplikasi Ruthless Launcher. Berdasarkan Peluncur Pixel, ia menawarkan nuansa Pixel dengan banyak opsi tambahan untuk Anda lakukan kostumisasi.

Icon Aplikasi

Untuk ikon, Anda bisa menginstal Pixel Icons melalui Play Store. Kemudian masuk pada pengaturan peluncur dan mengubah ukuran ikon adaptif menjadi bulat.

Terakhir, jika Anda akan menginginkan widget Sekilas untuk melengkapi layar beranda Anda. Google telah membantu menyediakan widget resmi melalui aplikasi Google. Jika Anda ingin menyesuaikan sesuatu, saya sarankan mengunduh Another Widget.

STOKiE – Stock HD Wallpapers & Backgrounds

Untuk menyelesaikan semuanya, Anda akan menginginkan wallpaper yang bagus. STOKiE adalah salah satu aplikasi favorit saya, menampilkan ribuan wallpaper dari ratusan perangkat, termasuk salah satunya Pixel. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, maka ponsel Samsung Anda akan terlihat dan terasa seperti layaknya ponsel Pixel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.