Cara Membuka Video Yang Formatnya Tidak Support Pada Android

Akan menjadi hal yang sangat mengesalkan ketika kita telah mendownload video. Namun ketika kita membuka video tersebut ternyata video yang sudah kita download tersebut formatnya tidak support pada android kita. Mungkin hal yang anda bayangkan pertama kali adalah kerugian kouta. Karena file video tersebut berukuran besar.

Membuka Video Yang Tidak Support
Membuka Video Yang Tidak Support

Sumber Gambar

Sebelum itu akan saya jelaskan terlebih dahulu kenapa hal tersebut bisa terjadi. Permasalahan tersebut berkaitan erat dengan codecs and containers. Codec sendiri merupakan sebuah singkatan dari coder-decoder yang merupakan metode untuk encoding dan decoding data. Lebih tepatnya ke proses data yang dikompresi, Seperti mp4 misalnya yang merupakan format video populer pada android. Tugas codec mengompresi sekumpulan data seperti video atau audio untuk penyimpanan. Kemudian codec akan melakukan dekompresi untuk pemutaran atau penayangan.

Pada beberapa format tertentu seperti AVI mungkin memiliki codec dan containers yang berbeda sehingga sering tersalah artikan oleh sistem android. Selanjutnya adalah containers yang merupakan format file. Tugas dari container pada sistem melakukan pengemasan, transport lalu mempresentasikan berbeda dengan codec yang hanya menyiapkan file. Containers sendiri biasanya melakukan proses sinkronasi audio dan video. Intinya containers menentukan jenis file, jika dijelaskan secara sederhana semisal anda memiliki file pandudroid.mp4 maka containers dari file tersebut adalah MP4.

Pada beberapa kasus alasan mengapa video anda tidak terbaca. Karena codec pemutar file video bawaan pada android tidak mendukung file anda. Sehingga untuk alternatifnya anda harus mendownload aplikasi pihak ketiga untuk membuka video anda. Banyak sekali aplikasi pemutar video yang tersedia pada playstore tapi saya lebih merekomendasikan aplikasi berikut. Aplikasi tersebut adalah “MX Player” saya merekomendasikan aplikasi ini karena aplikasi tersebut mudah digunakan. Nah bagi anda yang ingin tau langkah selanjutnya anda dapat melihat tutorial berikut ini.

Cara Membuka Video Yang Formatnya Tidak Support Pada Android :

  • Langkah pertama download terlebih dahulu aplikasi MX Player melalui Playstore
  • Selanjutnya tunggu sekejap sampai aplikasi tersebut selesai terinstal
  • Kemudian jika sudah terpasang bukalah lokasi video anda yang sudah anda download
  • Lalu bukalah file video dan pilih menggunakan MX Player

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.