Cara Memilih Paket Internet yang Murah dan Nyaman Untuk Pembelajaran Online

Tidak bisa dipungkiri saat pandemi ini banyak berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat. Apalagi hingga kini juga berimbas pada sekolah yag menerapkan pembelajaran jarak jauh atau daring. Menerapkan pembelajaran secara online tentunya membutuhkan akses internet agar bisa tetap terhubung dengan para pengajarnya.

Saat ini pula banyak dari beberapa provider yang menyediakan layanan paket internet yang dapat dimanfaatkan ditengah masa pandemi ini. Terlebih dalam hal pembelajaran disekolah. Jadi pada pendidik dan peserta didik tetap bisa saling terhubung untuk memberikan dan menerima materi pelajaran walaupun dengan jarak jauh. Namun yang menjadi kendala selama ini adalah mahalnya membeli paket internet, sehingga beberapa masyarakat kecil ke bawah menjadi kesulitan dalam mendapatkannya. 

Cara Memilih Paket Internet Untuk Pembelajaran Online
Cara Memilih Paket Internet Untuk Pembelajaran Online

Oleh karena itu, penulis disini akan berbagi tips bagaimana cara memilih paket internet yang murah, tetapi dengan kualitas jaringan yang nyaman. Terutama hal ini digunakan bagi anak yang sedang ingin sekolah dalam jarak jauh. Sehingga mereka tetap bisa terhubung dengan para pendidiknya.

Cara Memilih Paket Internet yang Murah dan Nyaman Untuk Pembelajaran Online

Pilih paket internet yang bisa diakses tanpa batas aplikasi

Banyak orang yang masih belum paham tentang masalah ini. Terkadang ada salah satu provider yang menawarkan harga paket internet dengan kuota yang besar dengan harga murah. Padahal sebenarnya kuota yang didapatkan hanya khusus dalam mengakses aplikasi tertentu, sehingga jika digunakan untuk mengikuti pembelajaran online menjadi dapat digunakan. Oleh karenanya, pilih paket internet yang memiliki akses tanpa batas aplikasi apapun. Saat ini Provider XL Axiata menawarkan paket dengan kuota besar, mulai dari 8GB dengan harga 40ribuan. Telkomsel juga memiliki paket internet dengan kuota mulai 5GB hanya 30ribuan. Indosat juga hadir dengan kuota internet 6GB mulai dari 30ribuan. Semua paket tersebut bisa diakses tanpa batas aplikasi.

Batasi Penggunaan Kuota Internet

Jika kamu sudah memilih paket internet, saatnya kamu membatasi pemakaian penggunaan wajar. Fitur ini sudah banyak disematkan dalam smartphone Android maupun iOS. Kamu hanya tinggal mengaktifkannya. Mengapa harus di batasi? Hal ini bertujuan agar kamu bisa mengontrol paket yang digunakan. Karena tidak bisa dipungkiri, diselang waktu istirahat pembelajaran, kamu bisa saja akan membuka aplikasi lain, atau bahkan bermain game. Jika hal ini tidak dikontrol, maka bisa saja semua paket tersebut akan habis pada waktu itu juga.

Itulah 2 tips kamu memilih dan menggunakan paket internet agar bisa tetap terhubung dalam sekolah dengan pembelajaran jarak jauh.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.