Cara Memperbaiki Aplikasi Google Crash Setelah Pembaruan Terbaru di Android

  • Bagikan
Cara Memperbaiki Aplikasi Google Crash
Cara Memperbaiki Aplikasi Google Crash

Aplikasi Google mengalami crash setelah melakukan pembaruan terbaru melalui Google Play Store pada Android. Pengguna banyak mengeluhkan masalah ini sejak Selasa (22/06), namun sepertinya sekarang ini Google sudah menanggapi terkait masalah aplikasinya tersebut.

Cara Memperbaiki Aplikasi Google Crash
Cara Memperbaiki Aplikasi Google Crash

image source

Laporan ini penulis ketahui dari sebuah forum pada Reddit dan postingan seseorang melalui laman Twitter yang kemudian ditanggapi oleh Google. Namun saat ini Google masih belum memberikan tanggapan secara pasti terkait masalahnya yang terjadi pada beberapa pengguna. Dalam sebuah postingan Twitter pengguna mengatakan “memperbarui aplikasi Google ke versi 12.23.16.23.arm64 tampaknya telah menyebabkan masalah baru”. Namun versi terbaru aplikasi Google app hanya tersedia pada beberapa perangkat saja.

Alhasil, setelah pembaruan terbaru, aplikasi Google, Podcast, dan Google Lens berulang kali mogok dan crash saat membukanya. Sementara Google Asisten juga tidak tersedia. Hal ini terutama dirasakan oleh pengguna seluruh ponsel Google Pixel, Samsung, dan Motorola yang sebagian besar terpengaruh.

Namun sejak penuisan artikel ini, Google telah memberikan instruksi resmi tentang cara menyelesaikan masalahnya. Perusahaan memperingatkan bahwa “ini akan menghapus beberapa pengaturan untuk aplikasi Google” dan untuk “meninjau pengaturan jika Anda telah mengubahnya dari default.”

Begini Cara Memperbaiki Aplikasi Google Crash Setelah Pembaruan Terbaru

1. Buka aplikasi Pengaturan sistem Android
2. Masuk pada Aplikasi & notifikasi => Lihat semua aplikasi.
3. Temukan dan ketuk Google dari daftar aplikasi (atau Anda dapat menggunakan tombol pencarian pada sudut kanan atas untuk mencari “google”)
4. Pilih opsi Penyimpanan & cache, lalu ketuk “Hapus penyimpanan” atau “Kelola ruang
5. Lalu Hapus Semua Data.

Bagi yang sudah memperbarui ke Google app versi 12.23.16.23, pengguna akan melihat aplikasi tersebut berulang kali mogok setiap beberapa menit tanpa masukan apa pun. Karena itu juga bertanggung jawab untuk Lens, Feed Discover pada sebelah kiri layar beranda, dan Podcast. Aplikasi tersebut juga “terus menutup dengan sendirinya”.

Aplikasi Google 12.23 secara resmi meluncur ke saluran stabil pada 21 Juni kemarin setelah memasuki beta lebih lambat dari biasanya minggu lalu. Pembaruan ini mulai dirilis pada Rabu malam dibandingkan dengan kerangka waktu Senin/Selasa seperti biasa. Sebelum memasuki versi stabil, penguji beta tidak menemukan masalah ini sebelumnya dan tidak terpengaruh apapun seperti yang terjadi pada pengguna saat ini.

Pembaruan Aplikasi Google 12.24 Resmi Meluncur

Sekarang ini Aplikasi Google 12.24 beta baru saja meluncur beberapa jam yang lalu, dan beberapa pengguna mengatakan memperbaruinya dapat memberikan perbaikan terhadap masalah yang terjadi. Anda dapat mendaftar untuk aplikasi Google beta melalui Google Play Store dan memeriksa pembaruan untuk mulai mengunduhnya.

Versi beta itu mungkin merupakan solusi yang paling aman dan tidak merusak karena alternatif lainnya adalah mencopot pemasangan pembaruan yang bermasalah dan kembali ke versi aplikasi Google yang pertama kali dalam perangkat Anda. Jika Anda ingin melakukan ini, berikut langkah-langkahnya:

Masuk pada Pengaturan => Aplikasi & pemberitahuan => Lihat semua => [gulir ke] Google => menu tambahan (pada pojok kanan atas) => Copot pemasangan pembaruan.

Namun, berhati-hatilah bahwa proses ini akan mengharuskan Anda menyiapkan Asisten Google lagi pada ponsel Anda dan aplikasi Google lainnya seperti Podcast akan terhapus. Jika Anda memilih jalur ini, jangan perbarui aplikasi Google sampai versi tetap telah rilis kembali karena Anda hanya akan menghadapi masalah yang sama lagi.

Semoga tulisan ini bisa dapat mengatasi masalah aplikasi Google yang crash pada perangkat Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.