Cara Memperbaiki Crash Pada Android System WebView!

Android System WebView merupakan komponen sistem operasi (OS) yang memungkinkan aplikasi Android menampilkan konten dari web langsung tanpa harus membuka browser web khusus.

"Mengatasi

image source

Ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk melihat konten web pada perangkat Android. Pertama, melalui browser web tradisional; dan yang kedua, melalui aplikasi Android yang menyertakan WebView dalam tata letaknya yang sudah diatur sesuai dengan fungsinya masing-masing. Jika pengembang ingin menambahkan fungsionalitas browser ke aplikasi, maka akan menyertakan pustaka WebView dan membuat instance kelas WebView.

Sehingga dengan ini, maka konten yang Anda buka melalui aplikasi langsung akan lebih efisien tanpa perlu masuk melalui browser lagi. Sehingga secara tidak langsung System WebView memilki peran yang cukup besar pada sebuah smartphone.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Android System WebView ?

WebView dahulu menjadi satu bagian dengan sistem operasi Android. Sehingga jika OS Android mendapatkan pembaruan, secara otomatis Android System WebView ini juga akan mendapatkan pembaruan. Namun, Google selaku pengembang Android mengubah skema ini. Sejak Google merilis Android 5 (Lollipop), Google memisahkan komponen WebView dari sistem operasi inti.

Dengan demikian, pembaruan WebView baru bisa Anda lakukan melalui Google Play Store. Jadi tidak perlu menunggu agar bisa berbarengan dengan update sistem operasi. Akan tetapi kurang baiknya adalah, Anda harus sering-sering melakukan pengecekan pada Play Store untuk memastikan System WebView masuk versi terkini.

Pemisahan WebView dari sistem operasi merupakan kabar baik bagi pengguna akhir (end-user) Android. Karena jika ada bug pada komponen WebView, Google dapat melakukan perbaikan dan mendistribusikannya melalui Google Play Store dengan cepat.

Penyebab Crash Android System WebView

Tidak ada penyebab lain pada Android System WebView yang banyak ditemukan kecuali adanya bug itu sendiri. Namun jika System WebView ini error, maka ini akan berdampak pada semua aplikasi yang ada pada ponsel tersebut. Bisa saja semua aplikasi tidak akan bisa dibuka sampai WebView Kembali normal. Cara satu-satunya untuk mengatasinya dengan menunggu rilis update terbaru yang bisa Anda lihat pada Google Play Store => Android System WebView.

Begini Langkah-Langkah Memperbaiki Crash Pada Android System WebView

Mencopot Pemasangan Pembaruan Aplikasi WebView

Caranya sangat mudah. Anda hanya perlu membuka menu Pengaturan, lalu ketuk “Aplikasi & Pemberitahuan” (Pada beberapa ponsel terkadang hanya “Aplikasi” saja). Kemudian cari Android System WebView dalam daftar. (Jika Anda tidak dapat menemukannya, periksa menu tiga titik dan ketuk “tampilkan aplikasi sistem”).

Selanjutnya pilih menu tiga titik pada kanan, lalu pilih “Copot pemasangan pembaruan“. Tindakan ini tidak akan menghapus Android System WebView sepenuhnya. Hanya saja akan menghapus pembaruan yang sebelumnya sudah terinstal. Karena ini merupakan komponen penting, maka akan banyak aplikasi yang berhenti berfungsi.

Perbarui Android System WebView pada Perangkat Anda

Sebagai gantinya, setelah anda menghapus pembaruan yang sudah terinstal dari Play Store dan mengembalikannya ke versi awal. Selanjutnya segera lakukan update WebView ini melalui Google Play Store agar bisa kembali berfungsi seperti semula.

Perlu Anda ketahui bahwa, Jika Anda menginginkan solusi yang lebih permanen, Google nampaknya telah mengeluarkan pembaruan untuk System WebView per tanggal 23 Maret. Anda bisa mulai mengeceknya pada Google Play Store, kemudian segera melakukan pembaruan agar masalah bisa cepat teratasi.

Menurut pembaruan layanan yang diposkan ke Dasbor Status Ruang Kerja Google, versi aplikasi ini seharusnya memperbaiki masalah dengan aplikasi andal lain yang mogok. Perhatikan bahwa pengguna yang sudah menggunakan pratinjau pengembang untuk Android 12 seharusnya tidak memerlukan ini, karena mereka sudah menjalankan versi awal Chrome 90, dan WebView akan diperbarui bersama dengan versi tersebut.

Google mengeluarkan pembaruan untuk aplikasi WebView yang seharusnya memperbaiki masalah macet. Kami telah menyesuaikan cerita untuk memasukkan ini dan informasi lain untuk memperbaiki masalah.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat, terutama dalam mengatasi masalah crash pada aplikasi yang disebabkan oleh Android System WebVios.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.