Cara Memperbaiki Error “Google Play Authentication is Required” Saat Membuka Aplikasi

Seperti kita ketahui jika Android merupakan sistem operasi open source (terbuka) dan gratis yang di kembangkan oleh para tim di Google. Sehingga disadari atau tidak, layanan Google merupakan sumber dan kunci utama dari sistem ini.

Google Play Store error
Cara mengatasi error Google Play Store

Dan jika lebih dalam dan lebih teliti lagi, secara default aplikasi – aplikasi banyak dibawa oleh Android ini, seperti Gmail, Google Play Store, Google Drive, Google Docs, Google Photo, Google Play dan aplikasi dan layanan Google lainnya.

Meski aplikasi Google merupakan aplikasi utama dari sistem Android ini, tapi tidak menjamin semuanya berjalan dengan lancar, tak jarang kita menemukan sebuah masalah dengan aplikasi – aplikasi tersebut. Dan salah satu yang sering mengalami Error adalah Google Play.

Dan biasanya error yang sering terjadi adalah masalah otentikasi, “Google Play Authentication is Required”. Lantas bagaimana cara mengatasinya?.  Beberapa cara berikut kami harap dapat membantu anda dalam mengatasi error yang terjadi :

  • Menghapus Data Google Play. Terkadang log data akan membuat aplikasi menjadi lambat sehingga kita butuh untuk menghapusnya. Caranya, buka Pengaturan -> Apps, disini anda cari aplikasi Google Play Store, tekan untuk membukanya dan selanjutnya cari dan tekan tombol “Clear Cache” dan “Clear Data”.
  • Hapus akun Google Anda. Error yang terjadi terkadang justru setelah kita melakukan pembaharuan aplikasi Google Play. Dan untuk mengatasinya adalah dengan menghapus akun Google anda. Caranya buka pengaturan, cari dan sentuh menu Akun, silahkan anda cari dan tekan pada akun Google (Gmail), nah selanjutnya sentuh tiga titik vertikal di bagian kanan atas layar -> Hapus akun. Restart smartphone anda dan masukkan akun Gmail anda kembali.
  • Uninstall pembaharuan Google Play Store. Jika dengan cara diatas anda masih menemukan masalah, maka berikutnya adalah dengan melakukan uninstall update dari pembaharuan Google Play Store. Caranya buka Pengaturan -> Apps, kemudian cari dan tekan pada “UNINSTALL UPDATES”.

Jika semua cara diatas masih saja belum bisa memecahkan masalah yang anda dapati, langkah selanjutnya adalah dengan melakukan reset factory.

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.