Cara Memperbaiki Google Play Store Tidak Berfungsi

Kesalahan memang pasti akan terjadi dimanapun itu, terutama saat kita menggunakan Google Play Store terkadang ada beberapa masalah seperti pesan kesalahan yang muncul ketika kita download aplikasi baru kemudian ada masalah Google Play Store berhenti atau tidak mau terbuka. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya akan memberikan solusi dan perbaikan perihal Google Play Store yang tidak berfungi.

Google Play Store
Google Play Store

Sebelum ke hal tersebut ada beberapa faktor yang harus di ketahui dan hal tersebut mempengaruhi Play Store, hal ini sendiri terbilang cukup simpel dan memang diperlukan untuk memecahkan masalah langsung saja berikut ini beberapa faktor yang harus anda ketahui dan beberapa solusinya.

  • Mencari Penyebab Masalahnya

Yang pertama anda harus memastikan permasalahannya terlebih dahulu apakah masalah Google Play Store ini berasal dari pihak anda atau berasal dari pihak Google dan membuat banyak pengguna tidak bisa juga. Caranya cukup mudah anda hanya perlu membuka browser anda kemudian pergilah ke website Downdetector, ketika anda masuk ke web tersebut lihat lah aktifitas disana apakah banyak pengguna yang mengadukan bahwa Play Store sedang down atau tidak.

Jika permasalahan ini berasal dari anda hal simple pertama kali cobalah restat perangkat anda jika hal tersebut masih terjadi cobalah lakukan pengujian pada koneksi internet anda, hal tersebut memang sangatlah sederhana tapi sangatlah membantu dalam mencoba mencari permasalahan. Cobalah tekan mode pesawat kemudian kembali lagi jika masih cobalah restart router untuk memastikan anda sedang dalam kondisi koneksi yang sangat prima.

Selanjutnya ada hal umum yang sering terjadi di permasalahan sederhana ini, cobalah periksa pengaturan tanggal dan waktu di perangkat smartphone anda. Jika kondisi waktu pada perangkat anda tidak sesuai maka Google Play Store bisa saja tidak bisa dibuka, anda hanya perlu menyesuaikan waktu sesuai tempat anda tinggal semisal waktu di perangkat anda disetting secara otomatis anda dapat memperbaikinya dengan melakukan pengaturan manual untuk mengubahnya.

  • Instal Google Play Versi Paling Baru

Hal selanjutnya ini terbilang cukup menarik karena walaupun ada update terkadang pembaharuan Google Play tidak tersedia atau tidak terdownload secara otomatis oleh karena itu anda dapat mendownload versi terbaru secara manual

Atau anda dapat mencoba beberapa cara terbih dahulu seperti menghapus cache Goolge Playstore terlebih dahulu dengan cara masuk kepengaturan > kemudian ke aplikasi > cari Google Playstore dan buka lalu hapus cache. jika dinilasi masih belum ampuh langkah terakhir pada bagian ini adalah menghapus data pada aplikasi Google Playstore lewat pengaturan.

  • Periksa Aplikasi Google Play Service

Layaknya Google Play Store anda juga harus mengecek versi dari Google Play Service, apakah aplikasi layanan tersebut sudah pada versi terbarunya atau belum karena di beberapa kondisi ketika versi aplikasi ini masih lawas dapat menyebabkan beberapa masalah perihal dukungan aplikasi.

Langkah lainnya cobalah lakukan penyetelan ulang pada akun Google anda di smartphone anda, solusi ini terbilang cukup minimalis anda hanya perlu melakukan refresh pada akun anda, dengan cara menghapus akun google anda dari perangkat smartphone anda kemudian anda lakukan login lagi setelah anda menghapus akun google tersebut.

  • Cek Aplikasi Pihak Ketiga¬†

Langkah-langkah sebelumnya hanya unuk mengkonfirmasi bahwa masalah ada pada sistem Google Play namun terkadang di beberapa kondisi aplikasi dari pihak ketiga juga dapat menyebabkan permasalahan. Pertama sebelumnya apakah anda pernah menonaktifkan aplikasi karena terkadang beberapa fungsi membutuhkan aplikasi lain untuk dapat berfungsi lebih baik, semisal ketika anda menonaktifkan Google Calendar hal tersebut dapat menggangu beberapa fungsi dari aplikasi lainnya.

Selanjutnya adalah hal yang tidak terduga yakni VPN, disuatu kondisi ketika anda mengaktifkan VPN anda mungkin dapat mengakses konten diluar wilayah geografis anda tapi sering kali terjadi atau menjadi penyebab masalah dengan Google Play Store di lokasi anda yang asli. Dan kemungkinan terakhir anda dapat mengaktifkan pengelola unduhan ini merupakan solusi yang sederhana anda hanya perlu ke pengaturan > kemudian manajer aplikasi > setelah itu carilah unduhan atau Download pastikan fungsi dari aplikasi tersebut tidak dinonaktifkan.

  • Lakukan Solusi Drastis

Solusi ini sendiri merupakan solusi Teknik yang perlu dilakukan dengan sangat hati-hati karena anda perlu melakukan Root pada perangkat anda, ketika smartphone anda telah ter-root anda dapat menghapus file “hosts.txt” pada direktori sistem, jika anda masih belum berhasil mengatasi masalah cobalah hapus instalan pembaharuan Google Play Store anda dan setelah itu cobalah apakah masalah sudah terselesaikan apa belum

Langkah Vital selanjutnya adalah hal yang terbelakang jika anda telah mencoba semua hal diatas, yakni cobalah lakukan reset data pabrik pada smartphone anda, cara ini membuat semua data anda bisa terhapus oleh karena itu sebelum anda melakukan hal tersebut anda dapat melakukan back-up terlebih dahulu.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.