Cara Memperbaiki ‘Kamera Gagal’ Pada Ponsel Samsung Galaxy

  • Bagikan
Cara Memperbaiki Kamera Gagal Pada Ponsel Samsung
Cara Memperbaiki Kamera Gagal Pada Ponsel Samsung

Sebagai pengguna, Anda tentunya harus mengetahui cara memperbaiki ‘Kamera Gagal‘ Pada Ponsel Samsung Galaxy. Hal ini karena sekarang ini kehidupan seseorang tidak bisa terlepas dari adanya ponsel. Baik dalam hal urusan komunikasi, bermain atau bahkan dalam hal mengabadikan momen-momen penting lainnya.

Cara Memperbaiki Kamera Gagal Pada Ponsel Samsung
Cara Memperbaiki Kamera Gagal Pada Ponsel Samsung

image source

Kami telah mendengar banyak laporan tentang pesan kesalahan peringatan ‘Kamera Gagal‘ yang terjadi pada perangkat Android. Dan tampaknya paling sering terjadi pada pengguna ponsel Samsung. Kabar baiknya adalah meskipun menjengkelkan, kemungkinan itu hanyalah masalah pada perangkat lunak saja. Jadi tidak ada pengaruhnya pada Hardware kamera itu sendiri. Nah, untuk itu penulis berikan langkah-langkah memperbaiki ‘kamera gagal‘ yang muncul ketika Anda membuka kamera pada ponsel Samsung Anda.

Cara Memperbaiki ‘Kamera Gagal’ Pada Ponsel Samsung Galaxy

Dalam kebanyakan kasus, solusi ini tidak akan menyebabkan hilangnya foto atau data apa pun dari perangkat Anda. Akan tetapi penulis menyarankan untuk mencadangkan apa pun yang tidak ingin Anda hilangkan, terutama jika sampai pada titik Anda perlu melakukan reset pabrik pada ponsel Anda.

Mulai Ulang Paksa Ponsel Anda

1. Tekan tombol Volume bawah dan Power secara bersamaan sampai muncul logo Samsung
2. Setelah ponsel reboot, periksa apakah masalah telah teratasi. Jika tidak, lanjutkan ke langkah berikutnya

Atur Ulang Kamera

1. Ketuk dan tahan ikon kamera hingga opsi muncul, lalu ketuk Info aplikasi => Sentuh Penyimpanan
2. Selanjutnya Hapus cache, lalu ‘Hapus Data‘ dan ketuk ‘Ok‘ untuk mengonfirmasi. Sekarang periksa apakah masalah masih berlanjut atau tidak.

Tutup Aplikasi Kamera Pada Latar Belakang

Terkadang, masalah di balik pesan kesalahan ini bukanlah kamera. Akan tetapi aplikasi yang memiliki izin untuk mengakses kamera. Ada kemungkinan aplikasi yang memiliki akses ke kamera menyebabkan masalah. Jadi coba tutup dulu dan lihat apakah masalahnya sudah selesai. Anda dapat menghapus semua aplikasi yang terbuka dari menu ‘aplikasi terbaru’ dan memeriksa apakah masalahnya sudah teratasi. Untuk melakukan ini:

1. Ketuk ikon Aplikasi Terbaru.
2. Geser ke atas pada setiap pratinjau aplikasi untuk menutupnya. Atau, Anda juga dapat mengklik opsi ‘Tutup semua’.
3. Setelah ini selesai, tekan dan tahan tombol volume bawah dan tombol Daya selama 10 detik. Ini akan memaksa ponsel untuk memulai ulang.

Gunakan Kamera Pada Safe Mode

Jika masalah tetap tidak terpecahkan setelah Anda mencoba langkah demi langkah, saatnya Anda mencoba opsi ini. Dalam metode ini, Anda perlu mem-boot ponsel Anda ke safe mode dan melihat apakah masalah masih terjadi atau tidak. Cara ini adalah untuk memeriksa apakah masalah tersebut karena aplikasi pihak ketiga atau bukan.

Ketika Anda masuk pada safe mode, Anda akan melihat bahwa ada teks pada sudut kiri bawah yang mengatakan Safe mode says. Sekarang coba buka kembali Kamera dan lihat apakah kesalahan masih muncul. Jika tidak, berarti masalahnya disebabkan oleh aplikasi pihak ketiga.

Selamat mencoba, semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.