Cara Memperbaiki masalah Google Play authentication is required

Masalah “Google Play authentication is required” merupakan masalah umum terjadi pada perangkat android. Hal tersebut merupakan indikasi bahwa perangkat anda mengandalkan Google Play untuk aktivitas smartphone anda. Tak kecuali Play Store, Pada kesempatan kali ini saya akan membantu anda memperbaiki masalah Google Play authentication tersebut.

Memperbaiki masalah Google Play Store
Memperbaiki masalah Google Play Store

Sumber Gambar

Ada banyak cara berbeda untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dari pembersihan data sampai reset ke pengaturan pabrik. Namun jangan terburu-buru melakukan peresetan smartphone ke pengaturan pabrik karena itu adalah solusi terakhir jika masalah masih terjadi. Nah oleh karena itu  bagi anda yang ingin mengetahui solusi dari permasalahan ini langsung saja berikut caranya.

Cara Memperbaiki masalah Google Play authentication is required :

  • Solusi pertama adalah melakukan pencopotan atau unistall pada Update Play Store. Tanpa anda ketahui terkadang Playstore anda melakukan update secara otomatis. Sehingga membuat anda bingung kenapa notifikasi permasalahan ini muncul. Cara untuk melakukan pencopotan pemasangan anda ke Pengaturan > Aplikasi > Google Play Store > tekan titik tiga pada kiri atas > Unistall Update.
  • Jika Permasalahan masih terjadi pada perangkat anda cobalah menggunakan trik kedua berikut. Yakni masuk ke pengaturan utama perangkat anda kemudian pilih Akun & Sinkronasi. Selanjutnya hapus akin Google yang mendapatkan permasalahan “authentication is required”.
  • Solusi Ketiga iyalah memperbaharui sinkronasi akun Google pada perangkat anda. caranya anda pergi ke pengaturan smartphone > ketuk Akun & Sinkronasi > cari Akun Google anda > Pilih Sinkronasi akun. setelah itu cek apakah pada Play Store permasalahan ini masih muncul apa tidak.
  • Cara selanjutnya agak sedikit berat yakni menghapus data dari Google Play Store. Caranya anda pergi ke pengaturan > Aplikasi > cari Google Play Store > Pilih penyimpanan dan Clear data. kemudian lakukan sinkronasi akun lagi.
  • Langkah Berikutnya jika masalah belum terselesaikan adalah download Aplikasi menggunakan browser lewat smartphone / komputer desktop. caranya cukup simple anda masuk ke web Google Play Store dan anda login. kemudian pilih install aplikasi dan cari aplikasi yang anda ingin kan kemudian download.
  • Solusi terakhir jika permasalahan ini masih terjadi adalah Reset Smartphone anda ke pengaturan pabrik. Namun perlu diketahui sebelum anda melakukan ini anda perlu memback-up data anda padar smartphone.

Semoga bermanfaat terimakasih atas kunjungan anda ke Pandudroid Indonesia. Jangan lewatkan tips dan trik mengenai smartphone pada postingan yang akan datang ya. Sampai jumpa pada postingan menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.