Cara memperbaiki OK Google Yang tidak Berfungsi Pada Android

Dengan mengatakan OK Google seharusnya Asisten google pada smartphone kita akan muncul. Namun disuatu kondisi terjadi masalah sehingga walaupun kita mengucapkan beberapa kali frasa yang sama fitur tersebut tidak muncul. Tapi cobalah jangan pustus asa terlebih dahulu, beberapa cara sederhana terkadang dapat membantu mengatasi masalah tersebut.

OK Google
OK Google

Sumber Gambar

Dengan memanfaatkan teknologi Google Asistent tersebut sebenarnya banyak manfaat yang dapat kita dapatkan. Semisal kita hanya perlu menggunakan suara untuk membuka aplikasi, hal tersebut sangat efektif. Apalagi bagi anda yang mungkin sedang malas menekan ponsel anda. Untuk menangani masalah Ok Google tidak muncul sebenarnya cukup simple, anda dapat membaca beberapa artikel berikut ini.

Yang pertama harus anda lakukan adalah periksa di media sosial atau pencarian. Dalam pencarian cobalah browsing apakah aplikasi Asistent sedang bermasalah atau tidak. Sehingga anda dapat membuat kesimpulan bahwa masalah terjadi pada perangkat anda saja. Yang kedua cobalah mengecek pengaturan bahasa dengan ke settings kemudian cari opsi voice, pilih languanges dan pilih bahasa yang sesuai.

Langkah ketiga cobalah periksa apakah mikrofon pada perangkat anda masih berfungsi atau tidak. Karena pada aplikasi asisstant ini memerlukan mikrofon agar kita dapat melakukan perintah suara. Jika anda menggunakan ponsel Samsung, agar aplikasi Asistant itu berfungsi maka nonaktifkanlah S Voice. Bagi anda yang tidak tau apa itu S Voice, S Voice adalah Bixby yang merupakan Asistent dari samsung. Cara nonaktifkannya cukup mudah, anda hanya perlu menekan dan tahan pada icon S Voice. Selanjutnya akan muncul nonaktifkan dan App Info. Pilih lah nonaktifkan  maka Bixby akan otomatis di nonaktifkan. tapi jika masalah tersebut masih terjadi anda maka langkah terakhir yang dapat dilakukan adalah melatih kembali model suara, berikut caranya yang dapat anda coba.

Cara Melatih Kembali Model Suara “OK Google” :

  • Langkah pertama bukalah aplikasi Google anda

     

  • Selanjutnya pada opsi More dengan logo tiga titik pada bagian bawah kiri tekanlah

     

  • Kemudian pilihlah Settings dan cari opsi Voice jika ditemukan tap voice

     

  • Pilihlah Voice Match pada opsi

     

  • Terakhir pilih Retrain voice model dan ikuti proses pengenalan suara

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.