Icon merupakan shortcut dari aplikasi – aplikasi yang terinstall diperangkat android. Dan setiap kali kita menginstall aplikasi baru maka secara otomatis icon aplikasi tersebut akan muncul dilayar. Dan icon ini merupakan sarana untuk menjalankan aplikasi terkait.

Aplikasi, Tips Android
Cara Memunculkan kembali icon yang terhapus di perangkat android

Tidak sepertihalnya PC atau laptop, setiap aplikasi yang terinstall akan terdaftar dalam dalam menu “ALL Program” jika anda menggunakan Sistem Operasi Windows dan juga bisa kita tempatkan icon di Dekstop untuk memudahkan kita jika kita ingin menjalankan aplikasi tersebut atau dapat pula kita jalankan dengan masuk ke drive c:\Program Files. Namun tidak dengan dengan android, dimana kita bisa menjalankan aplikasi hanya dari icon yang tampil dilayar, atau langsung dengan tap pada file secara langsung.

Bagaimana jika kita dengan tidak sengaja menghapus (delete) icon – icon dari aplikasi yang sering kita jalankan?. Pastinya kerepotan.

Nah berikut beberapa cara untuk memunculkan kembali icon yang telah anda hapus :

Cara Pertama :

  • Cara pertama adalah dengan menghapus aplikasi yang telah anda hapus iconnya dan menginstallnya kembali. Caranya dengan masuk ke Pengaturan -> Apl -> kemudian tap aplikasi dimaksud dan hapus (uninstall).
  • Sebaiknya anda reboot perangkat android anda tersebut kemudian buka Playstore dan install kembali.

Cara Kedua :

  • Tekan dan tahan beberapa saata di area kosong di Home Screen Anda.
  • Cara ini semestiny akan memunculkan menu Popup dengan beberapa opsi, tap pada opsi Widgets dan Apps.
  • Kemudian silahkan anda tap menu Apps.
  • Pilih icon dari Aplikasi yang telah anda hapus tersebut, tarik ke area dimana anda akan menempatkan icon tersebut di Home Screen perangkat android anda.

Cara Ketiga :

Cara ketiga adalah dengan menambahkan Launcher baru.

  • Silahkan anda cari Launcher yang anda sukai di Google Playstore dan kemudian install diperangkat android yang anda miliki.
  • Setelah terinstall silahkan anda tekan Home button (kembali ke Home) kemudian pilih launcher yang baru anda install tersebut.
  • Maka anda akan diminta untuk kembali mengatur icon-icon yang ada dan biasanya icon yang tidak sengaja anda hapus akan muncul kembali.

Silahkan mencoba, semoga berhasil.

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
6

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *