Cara Menambahkan Situs Web ke Layar Beranda Ponsel Android

  • Bagikan
Menambahkan Situs ke Layar Beranda
Menambahkan Situs ke Layar Beranda

Menambahkan situs web ke layar beranda ponsel tentunya akan lebih memudahkan Anda dalam mengakses situs tersebut. Hal ini tentunya bisa mempermudah karena saat membuka situs tersebut, Anda tidak perlu mengetikkan lagi alamat url pada kolom pencarian.

Menambahkan Situs ke Layar Beranda
Menambahkan Situs ke Layar Beranda

Secara tidak langsung, layar beranda ponsel Android atau tablet Anda tidak hanya akan berisi aplikasi. Platform apa pun yang Anda gunakan, Anda dapat menyematkan situs web favorit Anda ke layar beranda atau home secreen sehingga Anda dapat mengaksesnya dengan cepat. Tidak ada batasan jumlah situs web yang dapat untuk Anda tambahkan, kecuali jika layar beranda Anda sudah penuh dengan shortcut buatan Anda.

Beberapa platform menawarkan banyak fitur menarik yang bisa pengguna gunakan. Misalnya, browser Google Chrome untuk Android membuka situs web ini melalui jendelanya sendiri tanpa antarmuka browser. Sementara Windows 8 dan Windows Phone menawarkan pembaruan ubin langsung pada beberapa situs web favorit Anda.

Cara Menambahkan Situs Web ke Layar Beranda Ponsel Android

Android

1. Buka browser Chrome untuk Android dan buka situs web atau halaman web yang ingin Anda sematkan ke layar beranda.
2. Setelah terbuka, lalu ketuk tombol menu dan ketuk Tambahkan ke layar beranda.
3. Anda akan dapat memasukkan nama untuk pintasan dan kemudian Chrome akan menambahkannya ke layar beranda Anda.

Saat Anda kembali ke layar beranda, ikon akan muncul pada layar beranda Anda seperti pintasan atau widget aplikasi lainnya. Sehingga Anda dapat menyeretnya dan meletakkannya di mana pun Anda sukai. Google Chrome untuk Android memuat situs web sebagai “aplikasi web” saat Anda mengetuk ikon. Sehingga ia akan mendapatkan entrinya sendiri pada pengalih aplikasi dan tidak akan ada antarmuka browser yang menghalangi.

Browser Android populer lainnya juga menawarkan fitur ini. Misalnya, Firefox untuk Android dapat melakukan ini jika Anda mengetuk tombol menu, mengetuk opsi Halaman, dan mengetuk Tambahkan ke Layar Utama.

iPhone, iPad, & iPod Touch

1. Luncurkan browser Safari pada iOS Apple dan navigasikan ke situs web atau halaman web yang ingin Anda tambahkan ke layar beranda.
2. Ketuk tombol Bagikan pada bilah browser, ini adalah persegi panjang dengan panah mengarah ke atas. Itu ada pada bilah bagian atas layar iPad, dan bilah pada bagian bawah layar iPhone atau iPod Touch.
3. Ketuk ikon Tambahkan ke Layar Utama pada menu Bagikan tersebut.

Anda akan diminta untuk memberi nama pintasan sebelum mengetuk tombol Tambah. Pintasan yang sudah Anda buat juga dapat Anda seret dan pindahkan ke mana saja, termasuk pada folder aplikasi seperti ikon aplikasi biasa. (Untuk membuat folder aplikasi pada iOS, sentuh dan seret ikon aplikasi ke ikon aplikasi lain dan tahan sebentar). Saat Anda mengetuk ikon, itu akan memuat situs web melalui tab normal dalam aplikasi browser Safari.

Browser lain, seperti Chrome untuk iOS, tidak menawarkan fitur ini. Karena keterbatasan pada iOS Apple, hanya browser Safari milik Apple yang mengizinkan untuk melakukan ini.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.