Cara Mendengarkan YouTube Saat Layar Ponsel Mati

  • Bagikan
Mendengarkan Youtube Saat Layar Mati
Mendengarkan Youtube Saat Layar Mati

Apakah Anda ingin tetap mendengarkan Youtube saat layar ponsel mati? Cara ini cukup sulit untuk Anda lakukan karena begitu layar Anda mati, YouTube secara otomatis menjeda apa pun yang sedang diputarnya. Hasilnya? Anda tidak bisa lagi mendengarkan apapaun dari Youtube saat bepergian.

Mendengarkan Youtube Saat Layar Mati
Mendengarkan Youtube Saat Layar Mati

image source

Sebenarnya tidak ada pengaturan untuk mengatasi masalah ini pada aplikasi YouTube default. Akan tetapi perhatikan bahwa YouTube memang menawarkan opsi untuk dapat mendengarkan video saat layar mati jika Anda berlangganan YouTube premium. Nah, dalam panduan ini Penulis akan berbagi trik untuk tetap bisa mendengarkan Youtube ketika layar ponsel sedang mati.

Cara Mendengarkan YouTube Saat Layar Ponsel Mati

Menggunakan Browser Web

Untuk dapat tetap mendengarkan YouTube saat layar ponsel mati tanpa membayar, atau tanpa menginstal aplikasi apa pun, Anda cukup menggunakan aplikasi browser web gratis seperti Google Chrome, Mozilla Firefox dan lainnya. Metode ini harusnya dapat bekerja pada semua perangkat, Anda dapat mencobanya sekarang.

1. Download terlebih dahulu browser yang Anda inginkan. Misalnya Google Chrome atau Mozilla Firefox pada ponsel Anda (perangkat Anda mungkin sudah memiliki Chrome bawaan, jadi Anda cukup melakukan update saja).
2. Buka browser pilihan Anda, lalu kunjungi situs web YouTube melalui kolom URL. Selanjutnya ketuk tombol pengaturan (tiga titik) yang terletak pada kanan atas halaman dan centang situs desktop.
3. Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah tersebut, ketuk video untuk memutarnya, dan itu akan terus berputar bahkan setelah Anda mengunci ponsel Anda.
4. Perhatikan bahwa pertama kali Anda mengunci layar, pemutaran musik akan berhenti. Namun, Anda sekarang dapat melihat tombol kontrol pemutaran pada layar kunci Anda untuk melanjutkannya.

Yang perlu Anda lakukan sekarang adalah menekan tombol ‘Mainkan’ dan mulai mendengarkan YouTube dengan layar mati. Jika Anda mengaktifkan kunci sidik jari, Anda mungkin tidak dapat mengakses kontrol pemutaran. Dalam skenario seperti itu, buka kunci ponsel Anda dan kemudian Anda dapat mengontrol pemutaran dari menggesek ke bawah menu pengaturan cepat. Jika memutar video YouTube dari browser tidak menarik bagi Anda, ada beberapa metode lagi untuk melakukannya.

Instal Aplikasi NewPipe

Ini merupakan aplikasi khusus untuk melakukan pemutaran pada latar belakang ponsel. Cara ini merupakan solusi agar Anda dapat mendengarkan YouTube saat ponsel layar mati. Sekarang, untuk menginstal NewPipe, Anda harus membuka situs web NewPipe dan mengunduh APK langsung dari sana karena aplikasi ini tidak tersedia pada Google Play Store. Pilih versi yang bertuliskan Android 4.4+.

Perhatikan bahwa browser Anda mungkin memblokir Anda untuk dapat menginstal Newpipe karena merupakan aplikasi yang bukan dari Google Play Store. Biasanya akan muncul pop-up: “Demi keamanan Anda, ponsel Anda tidak mengizinkan untuk menginstal aplikasi dari sumber ini.” Jika Anda melihat pesan ini, buka opsi “Pengaturan” tepat pada bagian bawah pesan ini dan alihkan opsi “Izinkan dari sumber ini” ke aktif dan lanjutkan penginstalan.

Setelah terinstal, buka NewPipe dan cari lagu Anda menggunakan bilah pencarian pada bagian atas. Putar lagunya lalu ketuk opsi yang bertuliskan ‘Latar Belakang‘.

Menggunakan Aplikasi Float Tube

Salah satu opsi yang tidak melibatkan penyimpangan dari Play Store adalah aplikasi Float Tube. Namun, Anda harus siap untuk menambahkan yang mengganggu yang muncul sesekali. Anda dapat menginstal aplikasi Float Tube melalui Google Play Store. Setelah terinstal, cukup cari video yang ingin Anda putar dengan layar mati lalu tekan Play. Anda harus memberikan izin ke aplikasi untuk menggunakannya di atas aplikasi lain. Seperti New Pipe, Float Tube juga memungkinkan Anda mengontrol pemutaran dari layar kunci.

Berlangganan YouTube Premium

Jika Anda tidak keberatan membayar sedikit biaya dan ingin menghindari rintangan ini, Anda dapat berlangganan layanan YouTube Premium. Melalui fitur YouTube Premium inilah, aplikasi memberikan akses offline dan latar belakang ke konten bersama dengan pengalaman YouTube bebas iklan.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.