Cara Menemukan Ponsel Android Anda yang Hilang dan Menghapus Datanya dari Jarak Jauh

  • Bagikan
Cara Menemukan Ponsel Android Hilang
Cara Menemukan Ponsel Android Hilang

Mendapati ponsel Android hilang merupakan masalah besar bagi semua orang. Namun meski begitu, Anda masih memiliki harapan untuk bisa dengan mudah menemukannya. Hal ini bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan fitur pelacakan pada sistem Android, yang kemudian bisa Anda kontrol dari jarak jauh.

Cara Menemukan Ponsel Android Hilang
Cara Menemukan Ponsel Android Hilang

image source

Ada banyak contoh ketika Anda kehilangan ponsel. Terkadang hanya di rumah ketika Anda tidak dapat mengingat letak terakhir saat menyimpannya. Dan lebih parahnya terkadang ponsel malah hilang karena dicuri atau jatuh saat sedang berjalan. Sebagai contoh, Anda dapat dengan mudah untuk menemukan ponsel Android dengan menggunakan fitur Temukan Ponsel Saya pada jam tangan pintar. Selain itu, Anda juga bisa meminta orang lain untuk meneleponnya pada nomor Anda.

Akan tetapi, bagaimana jika ponsel Anda hilang dalam perjalanan? Hal ini tentunya bukan sekedar pada ponsel Anda, melainkan pada data-data penting yang tersimpan pada ponsel Anda. Oleh karenanya, Anda perlu sedikit bantuan ekstra. Untungnya, ada cara mudah untuk menemukan dan melacak keberadaan ponsel Android Anda dari jarak jauh, menguncinya, dan bahkan menghapus semua data jika diperlukan.

Mengaktifkan Fitur Pelacak Bawaan Ponsel

Google menawarkan proses sederhana yang bisa pengguna lakukan untuk dapat menemukan, mengunci, dan menghapus semua data pada ponsel Android Anda. Fitur Find My Device memungkinkan pengguna Android untuk menemukan handset, menguncinya dengan menyetel pin, kode sandi, atau pola dari jarak jauh untuk menghindari dari campur tangan orang lain. Tidak hanya itu, bahkan pengguna dapat menampilkan pesan khusus pada layar ponsel untuk meminta orang menelepon begitu mereka menemukan ponsel Anda.

Yang paling parah lagi, fitur ini juga memungkinkan pengguna untuk menghapus semua data pada ponsel Android Anda sehingga orang yang menemukan tidak memiliki akses untuk mengotak atik data ponsel Anda. Menariknya, fitur ini juga dapat membuat perlindungan perangkat yang membuat ponsel tidak bisa digunakan oleh siapa pun kecuali Anda pemiliknya.

Untuk dapat menggunakan fitur menemukan, mengunci, atau menghapus ponsel Android. Ada beberapa prasyarat yang harus Anda lakukan. Mulai dari ponsel harus dalam kondisi hidup, pengguna harus masuk dengan akun Google yang sama dengan yang ada pada ponsel, mengaktifkan setelan lokasi, dan sebagai tambahan memiliki pengaturan Find My Device juga harus Anda aktifkan melalui Pengaturan.

Cara Menemukan Ponsel Android Anda yang Hilang dan Menghapus Datanya dari Jarak Jauh

  1. Buka situs ini android.com/find melalui perangkat yang Anda punya sekarang, baik ponsel, PC atau Laptop. Kemudian masuk ke akun Google yang sama dengan yang Anda gunakan pada ponsel Anda. Setelah masuk, Anda akan melihat ponsel Anda pada sudut kiri atas. Jika Anda memiliki beberapa ponsel dengan akun yang sama, pilih salah satu yang hilang. Ini akan menunjukkan kepada Anda detail tentang masa pakai baterai dan kapan terakhir online. Bersama itu, Google akan menunjukkan perkiraan lokasi perangkat Anda melalui Google Maps. Jika ponsel Anda tidak dapat Anda temukan, Anda akan melihat lokasi terakhir yang tersedia.
  2. Apabila ponsel Anda terletak dekat dan Anda mengetahui tempatnya, Anda dapat pergi ke lokasi dan kemudian memilih opsi Putar Suara untuk membuat ponsel Anda berdering selama lima menit non-stop, bahkan tetap berdering jika ponsel Anda dalam mode senyap sekalipun.
  3. Jika ponsel berada dalam area yang tidak Anda ketahui, Anda bisa menerapkan beberapa hal yang Google sarankan. Yakni mengunci layar, pilih opsi Perangkat Aman. Ini akan memungkinkan Anda mengunci ponsel dan keluar dari akun Google Anda. Anda bahkan dapat menampilkan pesan dan nomor telepon pada layar kunci agar orang yang menemukan dapat menghubungi Anda. Jika Anda tidak memiliki kunci layar, Anda bahkan dapat mengaturnya melalui opsi ini juga. Anda juga dapat memilih untuk memilih opsi ketiga, yakni Hapus Perangkat. Ini secara permanen menghapus semua data pada ponsel Anda dan setelah Anda menghapusnya, Temukan Perangkat Saya tidak akan berfungsi pada ponsel Anda. Jika ponsel Anda offline, penghapusan akan dimulai saat ponsel online berikutnya. Ini akan mencegah penjahat mengakses data apa pun pada ponsel Anda.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.