Cara Meng-Compress File Video Dengan SmartPhone Android

  • Bagikan
Aplikasi Android, Video, Turorial Android
Aplikasi Video Converter & Video Compressor

Smartphone tidak seperti halnya PC atau laptop yang dapat dengan leluasa kita menyimpan banyak file di dalam hardisk. Smartphone memiliki keterbatasan dalam hal yang satu ini (menyimpan file), karena memory internal smartphone saat ini paling mentok 64 GB itupun jarang karena harga smartphone dengan kapasitas yang besar, harga belinya juga tergolong mahal, atau kita jika ingin menambahkan SD Card (memory eksternal)pun paling mentok juga 64 GB. Jika dibandingkan dengan PC atau laptop yang memiliki kemampuan menyimpan hingga 1TB atau bahkan lebih.

Aplikasi Android, Video, Turorial Android
Aplikasi Video Converter & Video Compressor

Dengan 64 GB kita hanya bisa menyimpan beberapa file video (film) saja. Dan lagi dengan ukuran file video yang besar akan menyulitkan kita saat kita ingin share atau berbagi dengan teman – teman kita via aplikasi chat seperti BBM dan WhatsApp. Contohnya Saat kita ingin share atau mengirim video via whatsapp maka akan muncul peringatan bahwasanya file video tidak boleh lebih dari 16MB.

Tips berikut adalah bagaiamana cara agar meng-kompres file video yang anda di perangkat android kita sehingga media penyimpanan dapa menampung file yang lebih banyak dan atau kita bisa mengirim file video via whatsapp atau BBM, berikut tipsnya :

  1. Download dan install aplikasi Video Converter for Android di Play Store, klik disini.
  2. Jalan aplikasi Video Converter yang telah anda install.
  3. Cari/browse file video yang ingin anda kompres/kecilkan.
  4. Selanjutnya klik pada tab convert dan pilih pengaturan/profile yang anda inginkan. klik pada Reduce file untuk mengecilkan ukuran file video tersebut (fasilitas ini hanya bisa digunakan untuk aplikasi berbayar/PRO). Atau jika anda menggunakan versi gratis, cobalah pilih profil berbeda untuk mendapatkan ukuran paling kecil.
  5. Langkah terakhir, tekan tombol Start untuk memulai proses.
  6. Tunggu hingga selesai kemudian cek hasil dari proses tadi dan putar file hasil convert dan reduce, jika hasilnya memuaskan (gambar videonya jelas) anda dapat menghapus file aslinya untuk menghemat kapasitas penyimpanan perangkat anda.

 

  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.