Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Auto Correct pada Papan Ketik Android

  • Bagikan
Fitur Auto Correct di Android
Fitur Auto Correct di Android

Fitur Auto Correct atau koreksi otomatis Android bisa menjadi sesuatu hal yang bermanfaat atau malah membuat Anda kurang nyaman. Melalui fitur ini, Anda bisa lebih cepat mengetik bahkan dapat mengurangi kesalahan saat Anda mengetiknya.

Fitur Auto Correct pada Android
Fitur Auto Correct pada Android

image source

Dengan mengaktifkan fitur ini, maka bisa jadi akan menyelamatkan Anda dari kesalahan ketik yang memalukan dalam pesan yang Anda kirimkan ke orang lain. Terutama dalam hal pekerjaan, misalnya mengirim pesan pada atasan Anda. Selanjutnya, jika Anda termasuk orang yang selalu salah ketik dalam hal tulisan, maka Anda perlu menggunakan fitur ini yang membantu mengoreksi kata yang Anda ketikkan melalui papan ketik ponsel Anda.

Namun sebagian orang menganggap jika fitur Auto Correct ini menjadi sesuatu hal yang membuat Anda kurang nyaman. Misalnya mengetikkan tulisan yang tidak baku sehingga ponsel tidak dapat mengoreksinya dengan benar. Malah muncul tulisan salah yang tidak sesuai dengan keinginan Anda. Jika demikian yang terjadi, maka Anda perlu menonaktifkan fitur ini agar tidak sering membuat Anda salah ketik.

Cara Menonaktifkan Auto Correct atau Koreksi Otomatis Pada Android

Secara default, sebagian besar perangkat Android telah memiliki fitur Auto Correct pada papan ketiknya. Seperti halnya Gboard yang merupakan aplikasi keyboard internal Google yang tersedia pada semua ponsel. Nah, jika Anda menggunakan Gboard, Anda dapat mengikuti cara ini untuk menonaktifkan koreksi otomatis yang sering muncul saat Anda mengetik.

Perlu Anda ketahui bahwa tombol untuk menonaktifkan koreksi otomatis pada Gboard tersembunyi dalam menu Pengaturan ponsel Anda. Adapun caranya adalah:

1. Anda harus membuka pengaturan Gboard. Silahkan masuk melalui aplikasi Pengaturan dengan membuka Pengaturan pada daftar aplikai ponsel Anda.
2. Kemudian masuk ke Sistem => Bahasa dan masukan => Keyboard virtual => Gboard.
3. Untuk metode yang lebih cepat, buka keyboard Anda dan tekan lama tombol koma, lalu ketuk ikon roda gigi yang muncul.
4. Setelah Anda masuk ke pengaturan Gboard pilih Koreksi teks.
5. Selanjutnya, pada bagian bawah tajuk Koreksi, geser sakelar untuk Koreksi otomatis ke posisi Mati.

Cara Mengaktifkan Koreksi Otomatis Pada Android

Jika Anda ingin mengaktifkannya, maka Anda dapat mengaktifkan kembali fitur koreksi otomatis kapan saja. Cukup lakukan instruksi yang sama seperti cara Anda menonaktifkannya di atas, kemudian gesel slider ke On.

1. Buka aplikasi Pengaturan dan masuk ke Sistem => Bahasa dan masukan => Keyboard virtual => Gboard.
2. Anda juga bisa membuka keyboard, tahan tombol koma, dan ketuk ikon roda gigi.
3. Pilih Koreksi teks dan gulir ke bawah ke bagian Koreksi.
4. Temukan sakelar berlabel Koreksi otomatis dan geser ke posisi Nyala/On.

Sekali lagi, jika Anda menggunakan keyboard Android yang berbeda, Anda mungkin menemukan cara yang berbeda dalam melakukannya. Keyboard apa pun yang telah Anda instal akan muncul pada bawah bagian Keyboard virtual pada aplikasi Pengaturan. Buka dari sana, dan kemudian Anda harus mencari pengaturan yang sesuai.

Seperti halnya Keyboard SwiftKey, memiliki koreksi otomatis yang terletak pada bagian bawah Mengetik => Mengetik & koreksi otomatis => Koreksi otomatis.

Cara Mematikan Koreksi Otomatis pada Papan Ketik Samsung

Jika Anda pernah memiliki ponsel atau tablet Samsung, Anda tahu bahwa perusahaan tersebut tidak menggunakan sistem operasi Android bawaan. Sebagai gantinya, perangkat Samsung menjalankan kulit eksklusif Android yang dikenal sebagai One UI. Sebelumnya bernama Samsung Experience.

Android Stok dan UI Samsung berbeda dalam banyak hal, salah satunya adalah cara mengaktifkan dan menonaktifkan koreksi otomatis. Berikut ini adalah petunjuk untuk menonaktifkan koreksi otomatis pada perangkat Samsung yang menjalankan Android 11:

1. Buka aplikasi Pengaturan.
2. Buka Manajemen umum dan pilih Pengaturan Keyboard Samsung dengan asumsi Anda menggunakan solusi bawaan.
3. Matikan teks Prediktif pada bagian bawah Pengetikan pintar.

Namun untuk menonaktifkan koreksi otomatis pada ponsel dan tablet Samsung lama, Anda harus menggunakan petunjuk berikut:

1. Buka aplikasi Pengaturan pada ponsel Anda.
2. Gulir ke bawah ke bagian Sistem. Lalu ketuk ikon berlabel Bahasa dan masukan.
3. Pilih Default dari daftar opsi yang tersedia. Ini mungkin memiliki nama yang berbeda jika Anda memasang keyboard yang berbeda.
4. Selanjutnya gulir ke bawah hingga Anda menemukan item menu Ganti otomatis dan pilih.
5. Jentik sakelar pada sudut kanan atas ke posisi Mati.
6. Jika Anda tertarik dengan cara mengaktifkan koreksi otomatis pada perangkat Samsung Anda, ikuti prosedur yang sama tetapi sesuaikan langkah terakhir.

Anda juga dapat mengatasi masalah papan ketik atau keyboard Android yang hilang, atau bahkan melakukan kustomisai pada keyboard Android,

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.