Cara Mengaktifkan Fitur “TalkBack” di Android 4.2.2 Jelly Bean

Apa yang tidak kita bayangkan ternyata telah dipikirkan oleh pengembang sistem operasi smartphone android. Seakan ingin menunjukkan jika sistem operasi ponsel pintar ini memang didesain untuk semua kalangan dan kondisi. Seperti halnya fitur yang satu ini, yang dinamakan sebagai “TalkBack”. Fitur ini bertujuan untuk membantu pengguna dengan kekurangan fisik khususnya penglihatan. Dengan mengaktifkan fitur ini, maka perangkat anda akan selalu memberitahukan dengan suara (berbicara), seakan – akan mengatakan pada penggunanya tentang apa yang sedang mereka lakukan, seperti menu apa yang sedang mereka aktifkan, mereka sentuh dan sedang mereka pilih.

Fitur android, TalkBack, How to, Tips Android
Fitur TalkBack – Membantu pengguna smartphone android dengan daya penglihatan minus

Tidak hanya itu, ketika penggunanya tidak menggunakan untuk beberapa saat dan sleep atau mengunci secara otomatis, maka perangkat andapun akan mengatakan “Layar Mati”. Canggih bukan? Adapun bahasa yang diucapkan oleh perangkat anda tergantung dari pilihan bahasa apa yang sedang aktif. Jadi dipastikan pengguna dengan daya penglihatan yang kurang atau maaf “buta” sekalipun masih bisa menggunakan smartphone android dengan bantuan fitur TalkBack ini. Tapi memang cara pengucapan bahasa indonesia (jika mengaktifkan pilihan bahasa indonesia) tidak sesempurna kita sendiri, namun setidaknya harapan masih ada untuk tetap dapat menggunakan perangkat komunikasi seluler bagi mereka – mereka yang memiliki daya penglihatan minus.

Berikut cara mengaktifkan fitur TalkBack di android 4.2.2 Jelly Bean :

  1. Tap menu “Setting” dari home screen.
  2. Scroll kebawah dan tap pada menu “Aksesibilitas”.
  3. Selanjutnya Tap pada menu “TalkBack”.
  4. Di tampilan menu TalkBack, tap pada tombol “Switch” di pojok kanan atas.
  5. Tekan ok saat muncul konfirmasi pengaktifan fitur ini.
  6. Selesai.

Tekan back untuk kembali, dan sejak saat itu akan terdengar suara setiap anda menyentuh menu atau terjadi aktifitas yang berbeda pada perangkat anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.