Cara Mengaktifkan Konfirmasi Sebelum Mengirim Email pada Aplikasi Gmail

  • Bagikan
Cara Mengaktifkan Konfirmasi Pada Gmail
Cara Mengaktifkan Konfirmasi Pada Gmail

Mengaktifkan pop-up konfirmasi pada aplikasi Gmail akan memiliki beberapa manfaat bagi Anda. Salah satunya akan berfungsi saat Anda mengirimkan atau ingin menghapus pesan pada aplikasi Gmail. Jadi secara tidak langsung pesan konfirmasi ini merupakan penegasan khusus khawatir Anda dengan tidak sengaja menghapus atau mengirimkannya pada seseorang.

Cara Mengaktifkan Konfirmasi Pada Gmail
Cara Mengaktifkan Konfirmasi Pada Gmail

image source

Jika Anda pengguna Gmail, kemungkinan besar Anda pernah mengalami masalah ini pada masa lalu. Mungkin Anda mengirim email penuh kesalahan ketik ke atasan Anda dan menyadarinya satu jam kemudian, atau mungkin Anda lupa melampirkan dokumen penting itu ke email klien Anda.

Untungnya dalam hal ini Google memberikan solusi untuk mengatasinya. Google Workspace selalu memberikan pembaruan penting untuk pengguna agar lebih nyaman dan begitu juga pada Gmail. Yang terakhir, Google menghadirkan fitur yang dirancang khusus untuk membantu Anda menghindari kesalahan dalam mengirimkan email seperti yang disebutkan di atas. Pada artikel ini, Penulis akan memberikan cara menghindari kesalahan saat akan mengirimkan pesan pada Gmail melalui pesan Konfirmasi.

Pesan konfirmasi ini akan berfungsi saat Anda hendak mengirimkan pesan atau menghapus pesan pada aplikasi Gmail. Jadi sebelum pesan tersebut terkirim ke penerima, Anda perlu mengetuk tombol konfirmasi untuk melanjutkannya. Jadi, harapan Google dalam hal ini tidak ada kesalahan lagi bagi pengguna dengan alasan karena ketidak sengajaan. Artinya, jika Anda salah dalam mengetuk tombol kirim, maka pesan Gmail tersebut tidak akan terkirim ke penerima sebelum Anda mengklik konfirmasi.

Cara Membuat Gmail Minta Konfirmasi Sebelum Mengirim Pesan

1. Buka aplikasi Gmail pada ponsel Anda. Cobalah periksa update terlebih dahulu pada Google Play Store.
2. Lalu ketuk menu hamburger (tampilkan sebagai) pada sudut kiri atas. Gulir ke bawah dan ketuk Pengaturan.
3. Masuk ke Pengaturan umum. Gulir ke bawah ke Konfirmasi Tindakan.
4. Ketuk Konfirmasi sebelum mengirim untuk mengaktifkan konfirmasi pop-up untuk mengirim email.

Mengaktifkan Pesan Konfirmasi
Mengaktifkan Pesan Konfirmasi

Jika Anda tidak dapat menemukan fitur ini, pastikan bahwa aplikasi Gmail Anda telah diperbarui. Pastikan bahwa Anda tidak menemukan kata update setelah mengeceknya pada Google Play Store. Setelah fitur ini Aktif, Gmail akan mengirimi Anda konfirmasi sebelum Anda mengirim email. Cukup ketuk OK untuk mengonfirmasi tindakan ini. Anda juga dapat mengaktifkan konfirmasi lain yang serupa. Misalnya sebelum menghapus atau mengarsipkan email.

Hindari Kesalahan Dengan Konfirmasi Tindakan

Kesalahan mengirim Email cukup umum dan meskipun beberapa kesalahan tidak membuat Anda fatal. Hanya saja terkadang Anda lebih sering mengirimkan email kosong karena lupa tidak melampirkan file dokumen yang ada. Namun, kesalahan besar juga dapat merugikan Anda terutama ketika Anda sedang berbicara dengan klien, pelanggan, atau manajer atasan Anda.

Akan tetapi dengan fitur ini, Anda tidak perlu khawatir. Kesalahan ini cukup mudah untuk Anda hindari jika Anda mengaktifkan fitur email konfirmasi. Dengan membuat Gmail meminta konfirmasi sebelum mengirim email, Anda dapat memastikan untuk melihat email Anda untuk terakhir kalinya sebelum menekan tombol kirim. Ini membantu Anda tenang bahwa semuanya persis seperti yang Anda inginkan dan menghindari kesalahan yang tidak Anda inginkan.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.