Cara Mengaktifkan Mode Gelap Pada Aplikasi Instagram

  • Bagikan
Cara Mengaktifkan Mode Gelap Pada Instagram
Cara Mengaktifkan Mode Gelap Pada Instagram

Mengaktifkan mode gelap pada Instagram tentunya menjadi semakin mudah. Dahulu sebelum menjadi bawaan sistem operasi Android 10, banyak aplikasi yang menawarkan mode gelap dengan sendirinya. Mulai dari WhatsApp, Facebook dan tak lupa juga pada aplikasi Instagram.

Cara Mengaktifkan Mode Gelap Pada Instagram
Cara Mengaktifkan Mode Gelap Pada Instagram

image source

Trend mode gelap menjadi semakin populer karena lebih nyaman dari pada mode terang. Banyak manfaat yang pengguna dapat jika menerapkan mode gelap pada ponselnya. Salah satunya adalah mengurangi pancaran sinar radiasi saat menggunakan ponsel dalam kondisi cahaya yang minim. Seperti halnya saat malam hari, saat akan tidur atau saat dalam sebuah perjalanan.

Selain itu, menggunakan mode gelap juga dapat menghemat baterai ponsel menjadi lebih baik. Jadi jika ponsel Anda kurang memiliki ketahanan baterai yang cukup kuat, maka Anda bisa mencoba dengan menerapkan mode gelap pada ponselnya. Hal ini tentunya akan lebih bisa menghemat penggunaan baterai ponsel yang hingga 30% dari sebelumnya.

Mode gelap saat ini merupakan opsi yang tersedia untuk banyak aplikasi. Hadir secara asli sejak rilis Android 10, ini tidak berlaku untuk versi Android yang lebih lama tetapi beberapa aplikasi sekarang menawarkan fungsionalitas tersebut. Instagram adalah aplikasi terbaru yang mengambil langkah dengan mengintegrasikan mode gelap ini untuk semua orang. Hal ini secara tidak langsung akan bermanfaat untuk pengguna yang belum menerapkan Android 10 pada ponselnya.

Setelah Twitter, YouTube, dan Messenger, kini giliran Instagram yang juga menambahkan fitur yang sangat populer bagi kalangan pengguna. Mode gelap memungkinkan Anda menikmati lingkungan yang kurang terang saat malam tiba dan lebih banyak mengistirahatkan mata. Jika Anda memiliki smartphone dengan layar AMOLED, itu juga sedikit menghemat energi yang digunakan oleh layar tersebut.

Cara Mengaktifkan Mode Gelap Pada Aplikasi Instagram

Pada Android 10, cara mengaktifkannya cukup sederhana. Ikuti langkah-langkah ini untuk mengaktifkan mode gelap Instagram pada Android 10:

Buka Pengaturan => Tampilan => Mode Gelap

Setelah itu, coba buka aplikasi Instagram, maka Anda akan mendapatkan tampilan berwarna hitam alias gelap. Jadi ini sangat cocok untuk Anda gunakan saat malam ataupun sian hari.

Android 9 Pie

Sebelum melanjutkan, pastikan jika Anda telah memperbarui aplikasi Instagram setidaknya menjadi versi v114.0.0.0.38.120. Jika ini masalahnya, segera lakukan pembaruan aplikasi terlebih dahulu melalui Google Play Store. Fungsionalitas ini sekarang telah tersedia untuk semua pengguna Instagram tanpa terkecuali. Jadi Anda dapat memanfaatkannya dengan baik jika Anda berminat dengan mode Gelap yang lebih membuat mata menjadi lebih nyaman.

Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda lakukan:

1. Buka aplikasi Instagram dan klik ikon profil Anda pada kanan bawah.
2. Kemudian klik Pengaturan dan carilah opsi Tema lalu pilih Gelap, lalu OK.

Apakah Anda Menyukai Mode Gelap Pada Ponsel Anda?

Mengaktifkan mode gelap akan memiliki banyak manfaat yang bisa Anda peroleh. Beberapa manfaat tersebut antara lain adalah:

  • Dapat mengurangi penggunaan daya dengan jumlah yang signifikan (tergantung teknologi layar perangkat).
  • Meningkatkan visibilitas bagi pengguna dengan penglihatan rendah dan mereka yang sensitif terhadap cahaya terang.
  • Membuatnya lebih mudah bagi siapa saja untuk menggunakan perangkat di lingkungan yang kurang cahaya.

Tema gelap berlaku untuk UI sistem Android dan aplikasi yang berjalan di perangkat.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.