Cara Mengaktifkan Mode Mengemudi di Google Maps

  • Bagikan
Mengaktifkan Mode Mengemudi pada Google Maps
Mengaktifkan Mode Mengemudi pada Google Maps

Mode Mengemudi pada Google Maps merupakan sebuah fitur baru yang hadir untuk membuat pengguna lebih nyaman ketika sedang mengemudi. Ini bertujuan untuk mengalihkan ponsel ke antarmuka minimalis hanya dengan satu perintah suara. Selain itu, akan menampilkan halaman beranda yang berisi pintasan ke navigasi, panggilan, pemutaran musik, dan opsi lainnya yang tersedia.

Mengaktifkan Mode Mengemudi pada Google Maps
Mengaktifkan Mode Mengemudi pada Google Maps

image source

Adanya fitur Mode Mengemudi ini tidak memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna. Hal ini muncul setelah beberapa pernyataan kontradiktif dari Google. Namun agar tidak begitu rumit, penulis akan menunjukkan kepada Anda bagaimana Anda dapat menemukan dan mengaktifkan Mode Mengemudi pada Google Maps.

Pada tahun 2019 lalu, Google mengumumkan ketersediaan Mode Mengemudi hanya untuk Negara AS. Bahkan setelah banyak desas-desus yang muncul terkait fitu ini, butuh lebih dari satu tahun sampai Google akhirnya memperkenalkannya pada negara asal mereka pada akhir tahun 2020.

Meski begitu, memang sedikit agak membingungkan, karena mode yang dikenal sebagai “Mode Mengemudi” ini seharusnya membawa fitur Android Auto ke dalam smartphone. Pada sisi lain, Android Auto dianggap sebagai platform yang terpisah, jadi tidak ada yang jelas memisahkan keduanya pada saat ini.

Asisten Mode Mengemudi: Apakah akan Tersedia atau Tidak?

Google mengumumkan pada akhir Maret bahwa Driving Mode akan meluncur secara internasional. Tak hanya itu, ini juga akan masuk sebagai bagian dari fitur Google Maps terbaru. Dalam hal ini, Google nampaknya sengaja memperlambat peluncuran internasional dan hanya menguji versi “Early Access” pada beberapa negara sambil menawarkannya hanya dalam satu bahasa, yakni bahasa Inggris.

Namun, langkah mundur ini tidak mencegah “Mode Mengemudi Asisten Google” muncul kepada pengguna. Namun, Anda tidak perlu kecewa jika saat ini belum dapat menemukannya pada pengaturan Google Maps Anda. Mode Mengemudi tampaknya masih meluncur secara konservatif.

Kebingungan ini kemungkinan besar akan menjadi cerminan nyata dari pemikiran Google tentang arah masa depan Android Auto. Tampaknya ini tidak akan menjadi sesuatu yang sederhana seperti mem-porting Android Auto ke smartphone. Akan tetapi juga tentang mengintegrasikan aplikasi dan fitur lain seperti Driving Mode, Google Maps, sambil memastikan bahwa Google Assistant dapat bekerja sama dengan cara yang paling masuk akal untuk pengalaman yang konsisten pada keseluruhan perangkat.

Begini Cara Mengaktifkan Mode Mengemudi pada Google Maps

Sekarang, Anda dapat mengetahui apakah Anda sudah menjadi salah satu orang terpilih yang dapat mengaktifkan Mode Mengemudi atau tidak. Anda harus menggali lebih dalam ke labirin menu pada Google Maps. Dari sanalah Anda akan menemukan fitur tersebut. Selain itu, pada halaman dukungan Google, kami mengetahui bahwa persyaratan minimum untuk mode mengemudi adalah perangkat Anda harus menjalankan Android 9.0 dan dengan setidaknya memiliki RAM 4 GB. Selain itu, smartphone harus berada dalam mode Portrait. Nah, untuk mengaktifkan Driving Mode, berikut langkah-langkahnya:

1. Luncurkan Google Maps pada ponsel cerdas Anda.
2. Ketuk gambar profil Anda yang terletak pada sudut kanan atas untuk membuka menu. Kemudian pilih Pengaturan.
3. Selanjutnya, pilih pengaturan navigasi.
4. Jika Anda telah menerima pembaruan yang sesuai, Anda sekarang akan menemukan “Kelola mode mengemudi” pada bagian bawah pengaturan Asisten Google.
5. Dalam “Kelola mode mengemudi”, Anda kemudian dapat mengaktifkan fitur Mode Mengemudi melalui tombol penggeser. Sebagai alternatif dari Google Maps, Anda juga dapat memilih fungsi tersebut secara langsung melalui Google Assistant.

Cara Mengaktifkan Mode Mengemudi Melalui Google Asisten

1. Buka pengaturan Asisten Google.
2. Gulir ke bawah dan masuk pada pengaturan Getting Around.
3. Dari sana Anda akan menemukan item “Mobil” pada bagian paling bawah. Silahkan Anda ketuk dan kemudian akan mendapatkan opsi untuk bisa mengaktifkan “Mode Pengemudi“.

Setelah fitur ini Aktif, Anda dapat dengan mudah mengontrol berbagai pengaturan saat mengendarai mobil hanya dengan suara Anda. Misalnya, Anda dapat memulai panggilan dengan perintah “Lakukan panggilan” atau “Panggil [kontak]“. Untuk mengirim pesan Anda dapat mengatakan “Kirim pesan ke [kontak]” atau “Kirim pesan” untuk mengirim pesan. Sedangkan untuk memutar lagu bisa dengan perintah “Mainkan [Artis]” atau “Mainkan [Genre]” untuk mendengarkan lagu favorit Anda.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.