Cara Mengaktifkan Mode Silent Pada Android Secara Otomatis Saat Mengisi Daya

  • Bagikan
Cara Mengaktifkan Mode Diam Pada Ponsel Android
Cara Mengaktifkan Mode Diam Pada Ponsel Android

Membungkam atau mengaktifkan mode diam pada ponsel Android akan membantu Anda agar tidak terganggu dengan keberadaan ponsel Anda pada waktu tertentu. Hal ini biasanya Anda aktifkan ketika akan beristirahat pada malam hari. Sehingga istirahat menjadi lebih nyaman dan tenang. Oleh karenanya, Anda sebaiknya perlu mengubah mode dering ponsel Anda menjadi mode diam.

Cara Mengaktifkan Mode Diam Pada Ponsel Android
Cara Mengaktifkan Mode Diam Pada Ponsel Android

image source

Seperti kebanyakan pengguna lainnya, ketika sedang mengisi daya ponsel, ingin membuat ponsel menjadi hening sehingga tidak terganggu dengan adanya pesan ataupun notifikasi lain yang masuk. Namun jika Anda tidak ingin melakukannya secara manual, penulis akan menunjukkan cara mengaktifkannya secara otomatis saat sedang mengisi daya. Jadi saat pengisi daya Anda hubungkan, maka ponsel akan otomatis berada pada mode hening atau diam. Namun jika Anda melepaskan pengisi daya tersebut, maka ponsel akan kembali pada mode dering seperti semula.

Mode diam pada sebagian besar perangkat Android tidak memblokir alarm sehingga Anda tetap bisa mengaktifkannya jika pun Anda akan tidur. Namun, baiknya Anda perlu mengatur mode “Do Not Disturb” pada ponsel Anda. Jadi Anda masih dapat membungkam ponsel saat mengisi daya dan masih mendapatkan pemberitahuan penting yang ingin And kecualikan.

Cara Mengaktifkan Mode Silent Pada Android Secara Otomatis Saat Mengisi Daya

Untuk mengaktifkannya agar lebih maksimal, Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa Anda dapatkan melalui Google Playstore.

1. Pertama, download aplikasi Google Clock App dari Play Store jika Anda belum memilikinya. Kemudian buka aplikasi “Jam” lalu ketuk “Bedtime” pada menu bar bagian bawah. pilih “Mulai“.
2. Ini akan meminta Anda untuk mengatur terlebih dahulu alarm waktu bangun Anda. Selain itu, Anda juga perlu mengatur waktu tidur Anda. Ketuk ikon minus (-) dan plus (+) untuk memilih waktu. Kemudian Anda juga bisa memilih hari-hari dalam seminggu jika ingin alarm bekerja sesuai dengan hari yang akan Anda tentukan.
3. Sekarang, jika perangkat Anda memiliki Digitial Wellbeing, Anda akan melihat “Mode Waktu Tidur“. Pilih opsi tersebut untuk melanjutjkan.
4. Ketuk “While Charging at Bedtime (Saat Mengisi Daya Saat Tidur)”. Maka Anda akan melihat waktu bangun dan waktu tidur yang sudah Anda buat pada langkah sebelumnya.
5. Pada bagian bawahnya, klik menu “Do Not Disturb“. Ini akan memastikan bahwa pemberitahuan akan dibungkam saat telepon Anda dicolokkan pada pengisi daya selama jendela waktu yang dipilih.
6. Pilih tombol “Selesai” untuk menyimpannya.

Mengaktifkan Fitur “Jangan Ganggu” Pada Ponsel Anda

Untuk mendapatkan yang terbaik dari fitur ini, Anda sebaiknya memastikan Anda telah menyiapkan mode “Do Not Disturb”. Sayangnya, proses ini akan sangat berbeda menurut beberapa perangkat. Namun jika Anda menggunakan Google Pixeal, beikut ini panduan untuk mengaktifkan mode “Do Not Disturb”.

1. Opsi “Jangan Ganggu” biasanya akan Anda temukan pada pengaturan ponsel Anda. Lakukan geser ke bawah dari atas layar dua kali, lalu ketuk ikon roda gigi untuk membuka menu Pengaturan.
2. Buka Suara (atau Suara & Getaran) => Jangan Ganggu.
3. Anda bisa mengatur orang dan aplikasi mana yang dapat Anda kecualikan dalam mode “Jangan Ganggu” tersebut. Ketuk “People/Orang” untuk memulai.
4. Ketuk “Panggilan” untuk memilih orang mana yang dapat menderingkan ponsel Anda saat berada dalam mode “Jangan Ganggu”.
5. Pilih salah satu opsi dari daftar yang ada. Misanya kontak berbintang, kontak, siapa saja dam tidak ada.
6. Selanjutnya Anda juga perlu mengatur pada “Pesan” untuk memilih orang yang tetap bisa mengirimkan pesan kepada Anda saat mode ini aktif.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.