Cara Mengaktifkan Otentikasi Dua Faktor Pada Facebook

  • Bagikan
Cara Mengaktifkan Otentikasi Dua Faktor pada Facebook
Cara Mengaktifkan Otentikasi Dua Faktor pada Facebook

Mengaktifkan otentikasi dua faktor pada Facebook akan membantu menjadikan akun Anda menjadi lebih aman. Sekarang ini autentikasi dua faktor atau yang lebih terkenal dengan 2FA merupakan keamanan lapis kedua yang Anda gunakan ketika akan masuk pada Facebook menggunakan perangkat lain. Misalnya dalam hal ini Anda akan membuka Facebook melalui browser atau PC.

Cara Mengaktifkan Otentikasi Dua Faktor pada Facebook
Cara Mengaktifkan Otentikasi Dua Faktor pada Facebook

image source

Cara terbaik ini setidaknya harus Anda manfaatkan sebaik-baiknya untuk membuat akun Facebook Anda jauh lebih aman. Secara tidak langsung otentikasi ini berarti persetujuan masuk setelah Anda memasukkan password utamanya. Setelah mengaktifkannya, Anda akan memerlukan login atau kode verifikasi setiap kali Anda ingin masuk ke akun Facebook Anda dari perangkat baru. Fitur ini akan melindungi akun Anda dari peretas, meskipun kata sandi Anda lemah.

Facebook dapat mengirimkan kode login 2FA ini ke nomor ponsel Anda. Atau, Anda dapat menggunakan aplikasi autentikasi atau aplikasi Pembuat Kode Facebook pada ponsel atau tablet Anda. Jika Anda mengatur semua metode 2FA yang didukung, Anda akan dapat masuk ke Facebook, bahkan ketika Anda sedang offline atau tidak dapat menerima pesan teks sekalipun.

Dalam tulisan ini penulis akan menunjukkan kepada Anda cara mengatur otentikasi dua faktor dan Generator Kode melalui ponsel Anda. Kami telah mengilustrasikan langkah-langkah ini menggunakan ponsel Android, tetapi seharusnya berfungsi sama juga pada perangkat iPhone.

Apa Itu Kode Masuk Facebook?

Facebook menggunakan kode login atau konfirmasi, atau yang lebih terkenal sebagai otentikasi dua faktor. Hal ini berfungsi sebagai lapisan keamanan tambahan jika orang lain ataupun Anda sendiri yang akan masuk pada akun Anda. 2FA akan mempersulit seseorang untuk meretas akun Facebook Anda. Jika seseorang mencoba masuk ke akun Anda dari perangkat yang sebelumnya tidak Anda otorisasi, mereka akan memerlukan kata sandi dan kode masuk kedua Anda.

Kode Login Facebook
Kode Login Facebook

Selain itu, ketika seseorang mencoba masuk ke akun Anda dari komputer lain, dan Anda tidak menggunakan aplikasi autentikasi, maka Anda akan menerima pemberitahuan tidak langsung tentang upaya masuk ini dalam bentuk pesan teks yang berisi kode keamanan.

Meskipun demikian, Anda juga dapat mengaktifkan peringatan masuk dan mengirimkannya ke alamat email, Facebook, atau akun Messenger Anda. Pada aplikasi seluler Facebook Anda, ketuk menu hamburger, masuk ke Pengaturan & Privasi, pilih Pengaturan => Keamanan dan Login => Dapatkan peringatan tentang login yang tidak dikenal. Anda juga dapat mengaktifkan peringatan login pilihan Anda.

Cara Mengaktifkan Otentikasi Dua Faktor (2FA)

Otentikasi dua faktor Facebook memerlukan nomor ponsel atau aplikasi otentikasi. Jika Anda ingin menggunakan nomor telepon untuk autentikasi dua faktor, perhatikan bahwa Anda tidak dapat lagi menggunakan nomor yang sama untuk menyetel ulang sandi.

Menambahkan Nomor Telepon Sebagai Otentikasi Pada Facebook

Anda dapat menambahkan nomor telepon saat menyiapkan autentikasi dua faktor. Jika Anda ingin memastikan bahwa Anda memiliki nomor telepon saat ini atau menambahkan nomor kedua sebelum memulai proses, berikut cara melakukannya:

1. Ketuk menu hamburger pada aplikasi seluler Facebook, kemudian pilih Pengaturan & Privasi
2. Arahkan ke Pengaturan => Informasi Pribadi => Nomor Telepon

Anda dapat menambahkan nomor sebanyak yang Anda suka, dan kami sangat menyarankan Anda menambahkan setidaknya dua nomor. Perhatikan bahwa menambahkan nomor akan secara otomatis mengaktifkan pemberitahuan teks ke nomor yang terakhir Anda tambahkan, sesuatu yang mungkin ingin Anda nonaktifkan.

Cara Mengaktifkan Otentikasi Dua Faktor pada Facebook

Untuk mengaktifkan autentikasi dua faktor, navigasikan ke Pengaturan => Keamanan dan Login => Gunakan autentikasi dua faktor, pilih apakah Anda ingin menggunakan Aplikasi Otentikasi atau Pesan Teks (SMS), dan ikuti petunjuk di layar untuk mengatur pilihan Anda.

2FA melalui Pesan Teks (SMS)

Saat Anda mengetuk opsi ini, yang harus Anda lakukan adalah memilih nomor telepon yang ingin digunakan Facebook. Seperti yang penulis sebutkan, Anda juga dapat menambahkan nomor telepon baru saat mengatur otentikasi dua faktor.

Setelah menyelesaikan penyiapan, Anda selalu dapat kembali dan mengubah nomor telepon. Setiap kali Anda melakukannya, Anda harus memasukkan kode konfirmasi yang terkirim ke nomor telepon baru.

2FA melalui Aplikasi Otentikasi

Saat Anda memilih untuk menggunakan aplikasi autentikasi pihak ketiga, Anda dapat memindai kode QR, mengaturnya pada perangkat yang sama. Selain itu Anda juga dapat memasukkan kode secara manual ke dalam aplikasi autentikasi yang Anda inginkan.

Kami menggunakan aplikasi pihak ketiga dan semuanya selesai dalam hitungan detik. Perhatikan bahwa ketika Anda kembali ke Facebook, Anda harus memasukkan kode konfirmasi dari aplikasi untuk menyelesaikan penyiapan. Anda dapat menggunakan aplikasi Google Autenticator untuk membuat kode verifikasi dua langkah Facebook Anda.

Download Google Atenticator

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.