Cara Mengambil Screenshot Pada Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus

  • Bagikan
Cara Mudah Mengambil Screenshot Pada Samsung Galaxy S8
Cara Mudah Mengambil Screenshot Pada Samsung Galaxy S8

Mengambil screenshot pada Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus memang memiliki banyak metode yang bisa pengguna lakukan. Secara default memang memiliki kesamaan cara melakukannya pada beberapa Samsung. Hanya pada setiap ponsel memiliki cara yang unik dalam mengambil screenshot yang tidak dimiliki oleh ponsel lain.

Cara Mudah Mengambil Screenshot Pada Samsung Galaxy S8
Cara Mudah Mengambil Screenshot Pada Samsung Galaxy S8

image source

Anda mungkin sedikit perlu memamerkan konten tampilan Samsung Galaxy S8 Anda? Walaupun handset ini sudah meluncur 2017 lalu, namun beberapa fiturnya tidak kalah menarik dengan ponsel kelas menengah yang baru-baru ini. Beberapa metode dan jenis tangkapan layar pada Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus yang perlu Anda ketahui. Touchwiz/One UI telah mengambil proses sederhana dan mengubahnya menjadi sesuatu yang dapat beradaptasi dengan sebagian besar skenario. Akan tetapi ini juga berarti ada sedikit kurva pembelajaran sebelum menikmati kemampuan tangkapan layar penuh handset.

Nah, dalam kesempatan ini penulis akan memberikan beberapa langkah atau metode yang bisa Anda lakukan untuk mengambil Screenshot pada ponsel Samsung Anda. Setidaknya terdapat 4 metode atau cara yang bisa Anda lakukan pada ponsel Samsung Galaxy S8 Anda saat Anda akan mengambil tangkapan layar.

Cara Mengambil Screenshot Pada Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus

#1 Cara Tradisional

Metode ini cukup banyak menjadi memori untuk melakukan pengambilan tangkapan layar. Anda dapat melakukan ini cukup banyak dengan setiap smartphone Android di luar sana. Tidak hanya pada ponsel jenis Samsung saja, penulis sudah pernah mencoba pada beberapa pabrikan lain, mulai dari realme, OPPO, Vivo, dan Xiaomi. Berikut caranya:

1. Navigasikan pada konten yang Anda inginkan untuk mengambil tangkapan layar pada ponsel Samsung Anda.
2. Tekan dan tahan tombol Volume Down + Daya secara bersamaan.
3. Maka akan tampil pada layar sebuah hasil tangkapan layar Anda.

#2 Menggunakan Gerakan Telapak Tangan/Palm Gesture

Pada Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus memiliki metode untuk mengambil tangkapan layar menggunakan gerakan ini. Dan metode ini telah menjadi salah satu fitur utama Samsung Galaxy S8. Namun, melakukan cara tradisional dengan metode tombol, sebenarnya jauh lebih cepat dan lebih sederhana jika Anda sudah terbiasa.

1. Navigasikan pada layar yang Anda inginkan untuk mengambil tangkapan layarnya.
2. Rentangkan telapak tangan Anda pada atas layar ponsel dan geser seluruh layar dengan sisi tangan Anda .

Perlu Anda ingat ini adalah fitur lanjutan, sehingga Anda dapat mematikannya. Untuk mengakktifkan/menonaktifkannya, Anda bisa masuk ke Pengaturan => Fitur lanjutan => Sapuan telapak tangan (Palm swipe) untuk mengambil tangkapan layar pada Samsung Galaxy S8 Anda.

#3 Menggunakan Tangkapan Gulir (Scroll Capture)

Pernahkah Anda menggunakan fitur scroll capture pada Samsung Galaxy Anda? Ini memungkinkan pengguna untuk mengambil gambar lebih dari apa yang tampilkan pada layar fisik Anda. Metode ini cukup bagus untuk menangkap seluruh halaman atau aplikasi yang dapat Anda gulir dalam satu gambar hingga mencapai satu halaman. Berikut cara melakukannya pada Samsung Galaxy S8.

1. Arahkan ke apa yang Anda ingin Anda lakukan pada layar Anda.
2. Gunakan tombol atau metode sapuan telapak tangan untuk mengambil tangkapan layar.
3. Maka pratinjau dan beberapa opsi akan muncul pada bagian bawah layar.
4. Ketuk Scroll capture. Anda juga dapat menggambar, memotong, atau bahkan berbagi dari menu ini secara langsung.
5. Terus tekan tombol Gulir tangkap (Scroll capture) untuk terus turun ke bawah hingga mencapai batas halaman.

Fitur ini terdapat pada bagian bernama Smart Capture, yang dapat Anda matikan dengan mudah. Untuk mengaktifkan/menonaktifkannya dengan masuk ke Pengaturan => Fitur Lanjutan => Pengambilan pintar (Smart capture).

#4 Menggunakan Smart Select: Oval, kotak, GIF, dan pin

Sebagai bagian dari Samsung S8 dan S8 Plus adalah fitur Samsung TouchWiz Smart Select. Fitur ini memungkinkan untuk membuat tangkapan layar dalam bentuk oval dan kotak. Anda juga dapat membuat GIF dan menyematkan bagian layar (menjaganya tetap mengambang pada bagia atas UI).

1. Arahkan pada konten yang Anda ingin lakukan tangkapan layar.
2. Buka panel Tepi.
3. Geser ke kiri/kanan hingga Anda menemukan bagian Smart select.
4. Pilih mode mana yang Anda inginkan. Lalu pilih area yang ingin Anda ambil tangkapan layarnya dan ikuti petunjuknya.

Ada fungsi khusus dalam setiap fitur ini. Misalnya, seseorang dapat mengekstrak teks dari tangkapan layar. Juga mudah untuk mengeditnya kembali, berbagi, dan banyak lagi.

Smart Select adalah fitur dalam panel Edge, yang dapat Anda nonaktifkan dalam pengaturan. Aktifkan/nonaktifkan dengan masuk ke Pengaturan => Tampilan => Layar tepi => Panel tepi.

Semoga cara ini bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.