Cara Mengatasi Aplikasi TikTok Tidak Bisa Dibuka

  • Bagikan
TikTok Error
TikTok Error

Aplikasi TikTok merupakan salah satu aplikasi jejaring sosial yang populer dengan pengguna lebih dari 14 juta orang. Ini merupakan aplikasi berbasis video dan music, dimana penggunanya bisa memuat video, mengeditnya dan kemudian mengunggahnya. Namun seiring waktu, banyak yang menjadikan TikTok sebagai sumber pencaharian, mulai membuat video-tutorial hingga video-video promosi produk.

Meski tak terlepas dari pro dan kontra, namun banyak anak-anak muda yang gemar menggunakan TikTok ini. Bahkan beberapa lembaga pendidikan juga menjadikan TikTok sebagai media untuk mendapatkan calon siswa atau calon mahasiswa lewat promosi-promosi disana.

Tak jauh beda dari aplikasi lainnya, TikTok juga bisa mengalami masalah, seperti tiba-tiba aplikasi TikTok di smartphone anda tidak bisa dibuka. Bingung? sudah tentu. Namun anda tidak perlu bingung berlarut-larut, karena kami memiliki beberapa tips agar aplikasi ini dapat anda gunaka kembali. Berikut langkah-langkah cara mengatasi aplikasi TikTok tidak bisa dibuka.

Langkah 1: Cek koneksi internet

Hal pertama yang perlu anda lakukan jika mendapati aplikasi TikTok error adalah melakukan cek koneksi internet smartphone anda. Pastikan data seluler anda aktif atau smarpthone anda terhubung ke jaringan Wifi. Jika keduanya sudah aktif, pastikan kuota paket data anda masih ada, nah ini dia yang terkadang kita lalai jika kuota paket data seluler kita terbatas. Jika anda menggunakan Wifi, pastikan provider anda tidak mengalami kendala, cek di modem, pastikan semua led tidak ada yang nyala merah. Kalo merah kemungkinan besar mengalami gangguan atau anda belum bayar tagihan bulanan hehehe…..

Langkah 2: Tutup dan Buka Lagi Aplikasi TikTok

Cara sederhana ini terkadang terlepas dari pikiran kita. Padahal terkadang dengan menutup dan membukanya lagi merupakan solusi paling mudah.

Langkah 3: Cek Pembaharuan Aplikasi

Melewatkan pembaharuan aplikasi TikTok terkadang bisa menyebabkan aplikasi tidak bisa dijalankan, atau sering auto close saat aplikasi dijalankan. Oleh karena itu, ketika anda mendapati aplikasi TikTok anda tidak bisa dijalankan, coba buka Playstore dan cek apakah terdapat pembaharuan / update dengan cara ketik TikTok di kotak pencarian. Nanti akan tampil aplikasi TikTok dengan notif Perbarui.

Langkah 4: Hapus Data Aplikasi

Menghapus data aplikasi merupakan langkah terakhir ketika anda mendapati aplikasi tertentu tidak bisa dijalankan, salah satunya adalah TikTok. Karena cara ini dapat menghapus history data data akun anda, maka kami sengaja tempatkan di langkah terakhir. Cara untuk menghapus data dari aplikasi TikTok sangata mudah: pertama buka menu pengaturan, kemudian cari menu Aplikasi (Apps), Selanjutnya cari dan Tap “TikTok”. Akan tampil jendela baru, Tap pada tombol “CLEAR DATA”. Cara ini akan menghapus data akun anda, anda akan diminta memasukkan username dan password lagi ketika membuka aplikasi TikTok.

Langkah 5: Cek Apakah Aplikasi TikTok Down

Terakhir jika 4 langkah diatas sudah anda lakukan tapi tidak mengatasi masalah TikTok anda adalah dengan memastikan apakah server TikTok down. Caranya kunjungi situs DownDetector atau klik disini. Situs ini akan menginformasi data TikTok selama 24 jam. Atau anda bisa tanya ke teman apakah TikTok mereka bermasalah juga atau tidak.

Demikian langkah-langkah untuk mengetahui penyebab aplikasi TikTok tidak bisa dibuka. Semoga bermanfaat untuk anda!

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.