Cara Mengatasi Camera “Error” Di Samsung Galaxy S3 Dan S4

Beberapa minggu ini, kami selalu mendapatkan pertanyaan atau keluhana yang berhubungan dengan kamera, utamanya bagi pengguna smartphone samsung. Dan yang menjadi persoalan adalah error terjadi tiba – tiba saja, padahal sebelumn – sebelumnya tidak ada kendala alias lancar jaya :). Tidak dapat dipungkiri persoalan kamera yang tiba – tiba tidak bisa digunakan dan hanya muncul pesan “Warning : Camera Failed”, merupakan persoalan yang begitu besar bagi pengguna smartphone, karena selain digunakan untuk berkomunikasi (telpon dan SMS), samrtphone juga merupakan sarana untuk berbagi video atau gambar yang terjadi saat ini baik via facebook atau instagram atau social media lainnya, yang tentunya membutuhkan fitur kamera ini.

Samsung Galaxy S4, Samsung Gal,axy S3, Aplikasi Kamera, Tips Android
Warning : Camera Failed

Kami ingin berbagi solusi bagi anda pengguna Samsung Galaxy S3 dan S4 yang sedang mengalam persoalan dengan kamera smartphone anda.  Berikut 3 langkah untuk mengembalikan fungsi kamera smartphone Samsung galaxy S3 atau S4 anda :

  1. Hapus Data Cache Kamera. Kamera tidak dapat berfungsi bisa dikarenakan ada data yang korup. Oleh karenanya kita mesti menghapus cache pada aplikasi kamera. Caranya : Buka menu “Setting -> Aplikasi Manager. Scroll kebawah temukan aplikasi kamera, selanjutnya tap pada kamera, kemudian tap pada tombol menu “Force Close”, Scroll kebawah dan tap juga pada “Clear Cache”.
  2. Lakukan Reset Factory. Jika cara diatas tidak juga mengembalikan fungsi kamera, lakukan Reset Factory, untuk kembali ke pengaturan awal seperti anda baru pertamakali membeli perangkat anda ini. Namun perlu diingat cara ini akan menghapus semua data dan aplikasi.
  3. Lakukan “Wipe Cache Partition”.  Jika dengan Reset Factory, kamera perangkat anda juga masih belum bisa, kemungkinan pada saat Reset Factory adan file yang tidak bisa di hapus, solusi terakhir adalah dengan melakukan “Wipe Cache Partition” Matikan perangkat anda, selanjutnya masuk ke recovery mode dengan menekan tombol “Power + Home + Volume Up”, arahkan pada ““wipe cache partition” dengan menggunakan tombol volume down, selanjutnya tekan tombol power untuk mengeksekusi. setelah selesai reboot perangkat anda dengan mengarahkan kursor pada menu reboot.

Semoga bermanfaat bagi anda..!

 

 

 

25 Comments

    1. Clear wipe partition hanya akan membersihkan partisi dari file-file yang tidak digunakan setelah anda melakukan upgrade OS anda. Sama ketika anda menginstall windows, biasanya komputer akan melakukan proses delete instalasi file. Dan jika anda mendapati perangkat anda error setelah Wipe partition, tidak ada jalan lain kecuali melakukan “Reset Factory”

    1. coba ganti dengan kamera depan jika kamera belakangnya yang error, jika bisa cek pengaturannya mbak, namun jika keduanya tidak bisa, sebelum dibawa ke service reset factory aja, atau jika memungkinkan untuk diupgrade, upgrade saja sistemnya. Jika kedua cara itu tidak bisa kemungkinan kameranya yang rusak.

  1. Kalo galaxy core 2 caranya sperti itu juga kah? Apa ada cara lain. Hp galaxy core saya kalau membuka kamera selalu ada tulisan “kamera gagal”.. tolong dong.. jawab

  2. Ijin tanya mastah maaf.kamera di galaxy note II saya gt-n7100 sehabis pembaruan softwere malah ga bisa dipake and speaker kuping mati juga

  3. Hp saya samsung grand 2 . Setelah Di wipe pertition terus pas buka kameranya lagi msh gk bisa di buka dan hanya tertulis ‘ kamera terhenti’ bagaimana cara mengatasinya ?? Tolong di jawb yahh

  4. hp saya samsung galaxi note 3
    tolong informasi nya gan
    apps/berjalan/running itu apa
    tolongin saya gan

  5. Cara diatas sudah saya lakuakan semua. Tpi tdk jg brhasil. Bagaimana solusinya. Apa ada cara lain yg baa saya lakukan. Hp saya samsung galaxy s4 mini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.