Cara Mengatasi Camera Tidak Bisa Digunakan di WhatsApp

Pernah mengalami masalah anda tidak bisa menggunakan camera di WhatsApp? Nah di artikel pandudroid kali ini kami akan membahas cara untuk mengatasinya. Jadi, teruslah membaca apa penyebab dan cara mengatasinya.

Cara Mengatasi Camera Tidak Bisa Digunakan Di WhatsApp
Cara Mengatasi Camera Tidak Bisa Digunakan Di WhatsApp

WhatsApp merupakan aplikasi chat yang paling populer di negeri ini. Sehingga bisa dipastikan semua pengguna smartphone dan iOS menginstall aplikasi WA ini. Tidak hanya pesan teks dan suara yang kita kirim dan terima, tetapi ita juga sering mengirim dokumen dan gambar via WA. Kadang kita juga menggunakan kamera smartphone untuk mengirim gambar dan video secara langsung. Tetapi bagaimana jika Anda menghadapi kesalahan saat mencoba menggunakan kamera WhatsApp?

Sebenarnya ada banyak faktor yang membuat kita tidak bisa menggunakan kamera smartphone baik kamera depan atau kamera belakang. Oleh karena itu pastikan anda melakukan langkah-langkah yang akan kami jelaskan nanti sebelum anda membawa ke tempat service. Itung-itung menghemat keuangan anda.

Terkadang, Anda mungkin mengalami kesalahan atau bug tertentu saat mencoba menggunakan kamera di dalam WhatsApp. Baik itu tampilan yang diperbesar di kamera atau layar hitam selama panggilan video, masalah sering terjadi. Kesalahan lain seperti itu adalah prompt ‘Tidak Dapat Memulai Kamera’ yang muncul saat mencoba menggunakan kamera di WhatsApp untuk Android. Jika Anda menghadapi masalah ini di perangkat Android anda, berikut adalah beberapa cara terbaik untuk memperbaikinya.

CARA PERTAMA: FORCE STOP DAN JALANKAN KEMBALI APLIKASI WHATSAPP

Beberapa proses latar belakang yang terkait dengan WhatsApp dapat menyebabkan kamera berhenti bekerja. Jadi, ada baiknya untuk memaksa menghentikan semua proses latar belakang untuk WhatsApp dan meluncurkannya kembali untuk awal yang baru.

Berikut cara untuk force stop aplikasi WhatsApp:

  1. Buka aplikasi Pengaturan di ponsel Android Anda.
  2. Arahkan ke bagian Aplikasi.
  3. Ketuk Lihat semua aplikasi.
  4. Gulir ke bawah dan pilih WhatsApp dari daftar aplikasi.
  5. Ketuk Paksa Berhenti.
  6. Setelah anda menutup paksa (Force Stop), sebaiknya anda restart perangkat android anda, dan silahkan coba lagi jalankan aplikasi WA.

CARA KEDUA: AKTIFKAN AKSES KAMERA UNTUK WHATSAPP

Beberapa aplikasi membutuhkan izin untuk bisa menggunakan atau menjalankan kamera, termasuk WhatsApp. Jika anda pertama mencoba untuk menggunakan kamera untuk WhatsApp, bisa jadi anda belum memberikan izin akses untuk hal ini. Sehingga anda tidak bisa menjalankan kamera saat ingin mengirim video atau foto langsung dari jepretan kamera, atau saat anda ingin pasang status di WA secara langsung (live). Oleh karena itu coba untuk mengecek status perizinan kamera untuk WhatsApp.

Berikut cara memberikan izin akses kamera di WhatsApp.

  1. Buka aplikasi Pengaturan di ponsel Android Anda.
  2. Arahkan ke bagian Aplikasi.
  3. Ketuk Lihat semua aplikasi.
  4. Gulir ke bawah dan pilih WhatsApp dari daftar aplikasi.
  5. Pilih opsi Izin.
  6. Ketuk Kamera.
  7. Pilih ‘Izinkan hanya saat menggunakan aplikasi‘.
  8. Silahkan tutup WhatsApp dan buka kembali untuk menggunakan kamera.

CARA KETIGA: HAPUS CACHE DAN DATA APLIKASI

Menghapus cache kadang merupakan solusi mudah untuk mengatasi aplikasi yang mengalami kendala. Oleh karena itu cara ini juga bisa kita coba untuk mengatasi kamera yang tidak bisa dijalankan di WhatsApp. Menghapus cache aplikasi akan membersihkan file sisa yang menyebabkan kesalahan Tidak Dapat Memulai Kamera di WhatsApp.

Berikut cara menghapus cache data di WhatsApp:

  1. Buka aplikasi Pengaturan di ponsel Android Anda.
  2. Arahkan ke bagian Aplikasi.
  3. Ketuk Lihat semua aplikasi.
  4. Gulir ke bawah dan pilih WhatsApp dari daftar aplikasi.
  5. Sekarang, ketuk Penyimpanan dan cache.
  6. Pertama, ketuk Clear Cache, lalu ketuk Clear Storage.
  7. Restart smartphone anda, dan silahkan coba jalankan kamera di WhatsApp lagi.

CARA KEEMPAT: UPDATE WHATSAPP DARI PLAY STORE

Beberapa faktor yang menjadi masalah adalah versi yang tidak update. Beberapa versi lama aplikasi mungkin berisi bug atau gangguan, yang menyebabkan beberapa fungsi atau fitur di aplikasi tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Oleh karena itu, sebaiknya anda selalu memastikan bahwa aplikasi yang terinstall di perangkat android anda adalah versi terbaru (update). Oleh karena itu perlu sesekali untuk mengecek versi terbaru dari aplikasi yang anda install.

Berikut cara memperbarui WhatsApp dari Google Play Store:

  1. Buka Google Play Store di ponsel Anda.
  2. Ketuk profil Anda di sudut kanan atas aplikasi.
  3. Sekarang, pilih ‘Kelola aplikasi dan perangkat.’
  4. Anda sekarang akan melihat bagian Pembaruan yang tersedia. Ketuk opsi Lihat detail di bawahnya.
  5. Layar berikutnya akan menampilkan daftar semua aplikasi dengan pembaruan yang tertunda. Gulir ke bawah untuk menemukan WhatsApp dan pilih opsi Perbarui di sebelahnya atau ketuk Perbarui semua untuk memperbarui semua aplikasi yang terdaftar ke versi terbaru.
  6. Setelah memperbarui WhatsApp, luncurkan untuk memeriksa apakah itu berfungsi dengan baik.

CARA KELIMA: UNINSTALL APLIKASI KAMERA PIHAK KETIGA APAPUN

Tak jarang aplikasi kamera pihak ketiga dapat mengganggu kinerja kamera. Hal ini dikarenakan beberapa file library bawaan menjadi rusak atau atau tidak jalan. Oleh karena itu, jika anda menemukan fungsi kamera tidak bisa dijalankan, ada baiknya anda menginstall semua aplikasi kamera pihak ketiga. Atau anda bisa mencoba menguninstall satu persatu untuk memastikan aplikasi pihak ketiga mana yang membuat fungsi kamera tidak bisa jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *