Cara Mengatasi Error 413 di Google Play Store

Pernahkah anda mengalami atau saat ini mungkin masih terjadi error 413  pada perangkat android anda. Dan biasanya masalah atau error 413 ini terjadi saat anda mencoba untuk men-download ataupun memperbarui salah satu aplikasi dari perangkat Anda.

Google Play Store, error 413
Google Play Store error 413

Dengan error ini pastinya proses download akan terhenti dan tidak sukses. Salah satu kemungkinan yang terjadi adalah anda memberikan atau menggunakan proxy dipengaturan koneksi internet di dalam perangkat anda baik wifi ataupun seluler, dan jika benar sebaiknya anda setting ke off atau otomatis.

Lantas bagaimana langkah untuk mengatasinya?. Seperti yang kami katakan sebelumnya masalah ini mungkin karena koneksi internet atau server proxy. Kadang-kadang ketika kita mencoba untuk men-download aplikasi tertentu dengan menggunakan koneksi seluler (data mobile), dan hal ini dapat memicu kesalahan atau error 413. Dan  cara untuk mengatasi error 413 adalah dengan menghapus data cache dan data temporary dalam perangkat android anda.

Berikut langkah – langkahnya :

  1. Buka pengaturan.
  2. Tap pada menu App / Manajemen Aplikasi.
  3. Pilih / sentuh tab All.
  4. Cari dan sentuh aplikasi Google Play Store.
  5. Tekan tombol “Delete Cache” dan “Delete Data”
  6. Selanjutnya dengan cara yang sama hapus juga cache dan data untuk aplikasi browser yang anda gunakan, Google Services Framework, Google Play Services, Google Apps dan aplikasi Google Talk.
  7. Reboot perangkat android anda.
  8. Buka lagi menu pengaturan.
  9. Tap menu
  10. buka Mobile Networks dan tap pada menu APN, nonaktifkan proxy kemudian tekan Simpan.
  11. Selesai

Semoga membantu!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *