Cara Mengatasi Error RPC:S-5:AEC-0 Pada Google Play Store

Jika Anda sebagai salah satu pengguna Android, Anda pasti sering dan sangat suka mendownload aplikasi atau games dari Google Play, terutama yang gratis. Jika Anda sering melakukan itu, Anda pasti pernah atau sering melihat pesan error atau kode kesalahan waktu menginstal atau mendownload aplikasi dari Google Play. Meskipun jarang terjadi, pesan error yang muncul saat melakukan download atau penginstalan membuat banyak pengguna Google Play merasa kebingungan (mungkin Anda juga termasuk salah satunya), kerena tidak ada penjelasan atau cara untuk mengatasi error tersebut.

Google Play Error RPC S 5 AEC0

Bahkan kesalahan seperti ini bisa saja muncul tepat setelah kita telah menyelesaikan update aplikasi Android. Yang membuat kesal kita adalah bisa saja ketika melihat instalasi bar mencapai akhir nyaris 100% dan kemudian muncul pop-up mengganggu “Error retrieving information from server / Kesalahan mengambil informasi dari server. [RPC: S-5: AEC-0]“. Namun jangan panik dulu karena kode error ini adalah sebuah kesalahan kecil dan bisa dengan mudah terselesaikan, Ini beberapa langkah untuk mengatasinya.

Cara Pertama:

1. Buka Pengaturan Sistem
2. Pada menu Aplikasi atau Apps => Semua
3. Pilih Google Play Store => Clear Cache and Uninstall Updates

Jika dengan menggunakan cara pertama masih muncul pesan error “error RPC:S-5:AEC-0“, maka lakukan cara kedua:

Cara Kedua:

1. Buka Pengaturan Sistem
2. Pada menu Pengaturan => Account => Google => Menghapus akun Gmail Anda
3. Sekarang masuk lagi ke Pengaturan => Account => Google => Tambahkan Akun Gmail anda
4. Restart android dan kemudian menerima semua ketentuan Google dan pengaturan konfigurasi Google
5. Jalankan kembali Google Play Store dan Update atau Install Aplikasi Anda.

Dengan menggunakan metode kedua sudah pasti berhasil tetapi membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama. semoga cara di atas dapat membantu anda pengguna android untuk memperbaiki “error RPC:S-5:AEC-0” tersebut. Namun, jika tetap error, silahkan coba lakukan reset ulang smartphone anda.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.