Cara Mengatasi Kamera Android Yang Gagal Tidak Bisa di Buka

Salah satu fitur terpenting dari smartphone saat ini adalah kamera. Oleh karena itu, hampir semua vendor ponsel terus berinovasi dan mencari cara untuk meningkatkan kualitas kameranya. Misalnya saja Oppo yang terkenal berkat flagship Selfie Expert-nya, serta lensa ultra-wide angle dari LG.

Cara Mengatasi Kamera Android Error

Kamu dapat berfoto dengan gaya selfie, atau lainya untuk tampil menarik di depan foto. Yang lebih penting, yaitu jangan lupa upload di medsos kamu agar orang lain tahu kamu. Ada banyak aplikasi yang kamu dapat gunakan untuk di jadikan kamera, selain aplikasi kamera bawaan dari android itu sendiri. Tujuanya untuk memberikan fitur tertentu yang tidak ada pada kamera bawaan.

Namun ada beberapa pengguna Android yang mengalami masalah pada kameranya. Yang sering dikeluhkan adalah kamera error dan tidak bisa digunakan, dan muncul pesan “Cannot Connect to Camera” atau “Tidak Dapat Terhubung Ke Kamera”. Masalah ini sering terjadi pada semua perangkat Android.

Cara Mengatasi Kamera Android Yang Error

Hentikan dan Hapus Data Aplikasi Kamera

Fungsi di cara yang pertama adalah dengan menghentikan data aplikasi kamera yang akan kita gunakan, kemudian anda dapat menghapus data yang ada. Cara ini cukup efektif dan ampuh supaya dapat mengatasi kamera android yang bermasalah, yang paling utama pada aplikasi kamera asli / bawaan di hp android. Caranya masuk pada Pengaturan Aplikasi => Pilih Kamera, lalu Hapus Data & Paksa Berhenti. Lalu coba buka lagi Kamera pada Ponsel anda.

Matikan Perangkat 

Langkah Kedua yang dapat Anda lakukan jika terjadi error pada kamera adalah mematikan ponsel anda. Setelah perangkat dalam keadaan mati, kemudian lepaskan SIM Card, Memory Card (micro SD), dan juga Baterai (jika removable).

Selanjutnya tekan tombol On/Off selama 15 detik untuk menghilangkan daya statis pada smartphone. Kemudian pasang lalu nyalakan kembali smartphone Android Anda. Kini Anda bisa mengecek apakah kamera sudah bisa digunakan atau tidak.

Coba Gunakan Aplikasi Kamera Lain

Jika Anda tidak bisa menggunakan aplikasi bawaan, cobalah menggunakan aplikasi kamera lain atau aplikasi kamera pihak ketiga. Bisa jadi karena aplikasi kamera bawaan perangkat rusak, oleh karena itu Anda bisa memakai aplikasi kamera lain sebagai alternatif.

Lakukan Factory Reset

Pada langkah terakhir ini kamu dapat mengatasi kamera hp android yang error dengan menggunakan metode factory reset. Dimana fitur ini dapat mengembalikan smartphone ke pengaturan pabrik. Hal ini sebenarnya cukup beresiko, apa lagi jika tidak di cadangkan data-data penting yang ada di hp android. Potensi jika tidak di backup, data, aplikasi dan dokumen lainya dapat hilang. Adapun untuk melakukan hal ini sobat perlu benar-benar di perhatikan.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.