Cara Mengatasi Kontak Anda Tidak Muncul di WhatsApp

  • Bagikan
Kontak Tidak Muncul pada WhatsApp
Kontak Tidak Muncul pada WhatsApp

Salah satu hal yang menyebalkan adalah ketika kontak tidak muncul pada aplikasi WhatsApp. Perlu Anda ketahui, setiap nomor yang tersimpan pada kontak telepon Anda, maka secara otomatis akan terbaca pada kontak WhatsApp jika mereka (kontak yang tersimpan) memiliki akun WhatsApp juga.

Cara Mengatasi Kontak Tidak Muncul pada WhatsApp
Cara Mengatasi Kontak Tidak Muncul pada WhatsApp

image source

Hingga saat ini WhatsApp dalam hal aplikasi perpesanan instan tetap tak tertandingi. Selama bertahun-tahun, WhatsApp terus menambahkan beberapa fitur yang banyak membantu pengguna termasuk dukungan multi-perangkat yang akan segera hadir. Kendati begitu, aplikasi ini masih mengalami kendala pada beberapa perangkat dan bug hingga hari ini. Beberapa masalah yang pengguna keluhkan adalah ‘kontak tidak muncul pada WhatsApp‘ yang terkenal mungkin, yang paling menjengkelkan dan juga merupakan topik yang banyak menjadi perdebatan.

Mengapa Kontak Bisa Tidak Terbaca?

Ada beberapa penyebab kontak tiba-tiba tidak muncul alias tidak terbaca pada WhatsApp. Sebenarnya, ada beberapa manifestasi dari masalah ini. Misalnya, hal ini bisa terjadi pada ponsel apapun yang berfungsi dengan baik ke aplikasi apapun. Dalam beberapa kasus, masalah terjadi setelah Anda memindahkan WhatsApp dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Dalam kasus pertama, masalahnya dapat karena bug dalam cara WhatsApp menyinkronkan kontak yang tersimpan pada ponsel Anda.

Masalahnya juga dapat terjadi pada perangkat yang baru-baru ini melakukan update ke versi perangkat lunak terbaru, yang pada gilirannya mengubah izin yang dalam aplikasi termasuk WhatsApp. Bagaimanapun, apa pun akar masalahnya, mari kita coba beberapa perbaikan yang dapat membantu Anda menyelesaikan ini!

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Menampilkan Nama Kontak

Seperti yang Penulis sebutkan, tergantung pada penyebab masalah, solusi untuk memperbaiki masalah ini bervariasi. Berikut ini beberapa solusi paling umum untuk masalah ini.

Periksa Izin Kontak ke Aplikasi WhatsApp

Android menjadi sangat aman selama bertahun-tahun. Konsekuensi yang tidak diinginkan dari ini adalah bahwa semua aplikasi sekarang memerlukan izin pengguna eksplisit untuk mengakses data yang tersimpan pada ponsel Anda, termasuk salah satunya kontak.

Jika ponsel Anda tiba-tiba berhenti menampilkan nama kontak WhatsApp, ini adalah hal pertama yang perlu Anda lakukan. Pastikan bahwa izin kontak tidak dicekal oleh sistem ke aplikasi WhatsApp.

1. Buka ‘Pengaturan‘ dan ketuk ‘Aplikasi‘ atau ‘Manajemen aplikasi‘ (Ini mungkin sedikit berbeda tergantung pada merek/OS ponsel Anda).
2. Ketuk daftar Aplikasi dan gulir ke bawah, pilih WhatsApp
Ketuk ‘Izin‘ lalu ketuk ‘Kontak‘.
3. Pastikan Anda telah memberikan akses ke kontak dalam opsi ini.
4. Jika izin sudah Anda berikan, sebaiknya pilih ‘Jangan izinkan‘ sekali lalu ketuk ‘Izinkan‘ sekali lagi.

Setelah langkah-langkah ini selesai, buka WhatsApp lagi dan periksa apakah nama kontak muncul kembali. Jika mereka tidak saatnya untuk beralih ke langkah kedua.

Perbarui Kontak WhatsApp

Jika nama kontak Anda masih tidak muncul setelah Anda memberikan izin, sebaiknya gunakan opsi ‘Perbarui kontak’ dalam aplikasi WhatsApp. Inilah cara Anda dapat melakukannya.

1. Buka aplikasi WhatsApp dan ketuk icon untuk memulai obrolan baru pada bagian sudut kanan bawah.
2. Selanjutnya ketuk tiga titik pada sudut kanan atas dan ketuk ‘Perbarui‘.

Jika kedua opsi ini tidak berhasil, sekarang saatnya beralih ke opsi yang sedikit lebih drastis. Kami akan mulai dengan perbaikan umum yang sangat populer untuk sebagian besar masalah terkait aplikasi.

Hapus Cache atau Penyimpanan Aplikasi

Pastikan Anda memilih opsi ‘Hapus cache’ untuk memastikan tidak ada penumpukan cache aplikasi saat mengubah pengaturan. Hal ini memastikan bahwa beberapa hal yang telah Anda atur dapat berfungsi dengan baik tanpa masalah.

Hapus Akun WhatsApp Lalu Instal Kembali

Jika beberapa langkah belum memberikan hasil, langkah selanjutnya melibatkan penghapusan akun WhatsApp Anda dari ponsel Anda. Sebelum Anda melangkah lebih jauh, pastikan Anda mencadangkan semua obrolan Anda ke Google Drive.

Semogab bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.