Cara Mengatasi “Layanan Google Play Berhenti Bekerja” Pada Ponsel Samsung

  • Bagikan
Memperbaiki Google Play Services has stopped
Memperbaiki Google Play Services has stopped

Sebagai pengguna Android, tentunya Anda pernah mendapat pop-up yang muncul saat membuka Google Play store “Google Play Services has stopped“. Ini sering kali terjadi pada beberapa pengguna, dan jika terjadi maka Anda tidak akan dapat membuat Google Play Store lagi sebelum memperbaikinya.

Memperbaiki Google Play Services has stopped
Memperbaiki Google Play Services has stopped

image source

Google Play Store merupakan toko resmi khusus untuk aplikasi, games, musik, film, dan buku yang tersedia hanya pada Android. Aplikasi ini sudah digunakan oleh seluruh dunia dengan total unduhan mencapai jutaan bahkan milyaran. Jadi secara tidak langsung Google Play Store memiliki peran penting bagi kehidupan Android walaupun bukan utama. Anda dapat dengan mudah mendapatkan aplikasi resmi dari market Google ini, sehingga Anda tidak akan terjebak dalam aplikasi abal-abal atau bahkan yang hanya akan mencuri data Anda.

Aplikasi yang sudah masuk pada Google Play Store ini terbilang cukup aman karena sudah melewati berbagai macam tahapan verifkasi. Walaupun ada sebagian pengembang nakal yang masih menyimpan sesuatu buruk dalam aplikasinya. Namun untuk membuka Google Play Store ini perlu dukungan dari Google Play Service agar semuanya dapat berjalan dengan baik tanpa kendala apapun.

Apa Itu Google Play Services?

Cara Mengatasi Google Play Services has stopped
Cara Mengatasi Google Play Services has stopped

image source

Google Play Service adalah paket application programming interface (API) yang memayungi beberapa aplikasi yang terpasang pada sistem Android. Jika ini bermasalah, maka dapat dimungkinkan jika semua aplikasi sistem tidak akan berjalan dengan normal. Dan dari sekian banyak aplikasi sistem pada perangkat Android, Google Play Service merupakan aplikasi vital untuk menjalankan sistem operasi pada perangkat.

Google Play Service ini berfungsi sebagai pelayan sinkronisasi akun-akun Google. Mulai dari Gmail, Google Maps, dan melacak lokasi (GPS). Karena melayani banyak aplikasi, maka Google Play Service memakan daya lebih besar, sehingga membuat baterai sedikit lebih boros dalam kinerjanya.

Fungsi Google Play Service dalam Ponsel

Google Play Services memiliki banyak fungsi vital dalam kinerja smartphone. Dengan layanan ini dapat meningkatkan pengalaman aplikasi pengguna seperti pencarian offline, peta yang lebih detail dan rinci serta meningkatkan pengalaman gaming. Fungsi lainnya dari Google Play Service antara lain adalah :

  • Layanan ini mampu mendeteksi aplikasi yang dinilai berbahaya bagi ponsel Anda.
  • Mengelola iklan-iklan yang muncul dalam aplikasi tertentu. Karena tidak jarang, banyak pengembang menyematkan iklan yang terlalu banyak dalam aplikasinya.
  • Memungkinkan Anda untuk melakukan Factory Reset lebih mudah
  • Mengontrol aplikasi pihak ketiga yang terhubung langsung melalui akun Google Anda.

Sebagai kesimpulan, Google Play Service ini bukanlah malware atau lainnya. Namun ada beberapa pertanyaan tentang apa akibatnya jika aplikasi atau layanan Google Play Service tidak dapat berjalan atau berhenti bekerja.

Sebagai akiba jika Google Play Service tersebut berhenti bekerja atau tidak berjalan dengan normal, maka Anda akan selalui mendapat pop-up “Google Play Services has stopped” saat membuka aplikasi Google, salah satunya Google Play Store. Oleh karenanya dalam pembahasan artikel ini penulis akan memberikan cara untuk mengatasi masalah tersebut pada ponsel Samsung.

Cara Mengatasi “Layanan Google Play Berhenti Bekerja” Pada Ponsel Samsung

Adapaun cara paling mudah untuk mengatasi masalah ini adalah dengan membersihkan cache dan menghapus data Google Play Services terlebih dahulu. Selanjutnya lakukan update melalui Google Play Store => Google Play Services.

1. Buka pengaturan sistem pada ponsel Anda. Lalu masuk pada aplikasi dan pilih semua Aplikasi. Namun jika Anda menggunakan Android terbaru, biasanya aplikasi sistem dan aplikasi ketiga akan terpisah. Jika demikian maka pilih Aplikasi Sistem
2. Sekarang cari Google Play Services (Layanan Google Play) pada daftar aplikasi yang muncul
3. Masuk pada Penyimpanan, lalu Hapus cache dan Data.
4. Sekarang buka kembali Google Play Store Anda, lalu lakukan update pada aplikasi Google Play Services.

Selamat mencoba, semoga bisa mengatasi masalah pada ponsel Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.