Cara Mengatasi Masalah Autentikasi Sambungan WiFi Pada Android

Masalah autentikasi WiFi pada Smartphone sering terjadi, apakah kamu sudah mengetahui penyebab dari Autentikasi WiFi tersebut, karena jika kita sudah mengetahui penyebab maka kita bisa dengan mudah mengatasi masalah autentikasi WiFi tersebut.

Cara Mengatasi Masalah Autentifikasi WIFI
Cara Mengatasi Masalah Autentifikasi WIFI

WiFi sudah menjadi fitur konektivitas wajib yang ada di perangkat smartphone. Fitur ini memungkinkan kita mengakses internet lebih cepat, stabil, dan murah. Bahkan gratis, ada banyak tempat yang menawarkan fasilitas WiFi seperti cafe. Bisa ketemu tempat dengan fasilitas free WiFi memang hal yang menyenangkan, namun ada kalanya WiFi pada smartphone Android tiba-tiba putus nyambung bahkan tidak dapat terhubung sama kali dan selalu muncul Autentikasi.

Cara Mengatasi Masalah Autentikasi Sambungan WiFi Pada Android

Pastikan Password WiFi Benar

Agar bisa terkoneksi dengan jaringan WiFi, maka kita harus memasukkan password dengan benar. Tanyalah kepada pemilik WiFi apa password yang mereka gunakan. Pastikan kamu memperhatikan penggunaan huruf besar dan kecil karena keduanya akan sangat berpengaruh.

MAC Address Android Kamu Tidak Sedang Diblokir

Admin WiFi bisa saja dengan mudah memblokir MAC Address ponsel Android kamu. Maka dari itu, pastikan MAC Address kamu tidak diblokir oleh si Admin. Jika diblokir, walaupun kamu sudah benar memasukkan Password WiFi, maka yang akan muncul Autentikasi secara terus menerus.

Masukkan IP Address Secara Manual

Salah satu penyebab autentikasi pada jaringan WiFi adalah karena Smartphone belum mendapatkan IP Address, sehingga kamu perlu memasukkannya secara manual. Caranya, setelah WiFi kamu terkoneksi, maka pilih pengaturan Lanjutan, masuk pada Setelan IP, pilih Statik, kemudian masukan IP Addressnya.

Perangkat WiFi Android Yang Rusak

Jika beberapa cara sudah kamu lakukan, namun tak kunjung selesai, maka besar kemungkinan yang bermasalah adalah karena Hardware WiFinya. Android memiliki chip WiFi yang tertanam di motherboard. Apabila perangkat tersebut rusak, maka secara otomatis kamu tidak akan bisa melakukan apapun agar dapat terhubung dengan WiFi.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.