Jauh sebelum ada smartphone yang dilengkapi dengan kamera berkemampuan bagus, orang-orang yang gemar hunting gambar-gambar unik membeli dan menggunakan kamera DSLR atau minimal kamera pocket digital untuk keperluan hal tersebut. Namun setelah teknologi berkembang dengan pesat, kehadiran smartphone yang dilengkapi dengan teknologi kamera canggih seakan lebih meminimalkan penggunaan kamera DSLR atau kamera pocket digital. Bayangkan saja smartphone kini hadir dengan kamera diatas 20 MP, sebut saja ada Sony Xperia Z5 dengan kamera belakang 23 MP, Samsung Galaxy S7 dengan kamera utama 12 MP dengan sensor Sony IMX260, iPhone S7 Plus dengan kamera 12 MP, LG V20 dengan kamera 16 MP dan masih banyak smartphone lain dengan spesifikasi kamera tinggi. Selain itu kehadiran kamera depan memudahkan penggunanya untuk mengambil gambar mereka sendiri atau yang dikenal dengan istilah selfie.

Camera Android Failed
Cara Mengatasi Camera Android Failed

Selain itu, kehadiran aplikasi – aplikasi pihak ketiga yang akan menambah cantik hasil jepretan kamera di smartphone juga menjadikan alternatif lain untuk memilih smartphone sebagai media mengambil gambar. Akan tetapi beberapa hal yang menjadi pertimbangan dalam menggunakan smartphone adalah error yang acap kali hadir di smartphone khususnya pada saat membuka kamera.

Error seperti gagal membuka aplikasi kamera, kamera tidak terhubung dengan server, atau masalah lain yang mungkin membuat kita bingung dimana error atau masalah hanya terjadi saat mengambil gambar dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga namun berjalan normal saat menggunakan aplikasi bawaan smartphone atau yang terjadi sebaliknya.

Nah untuk hal ini kami bisa pastikan masalah yang terjadi bukan terletak pada kameranya melainkan pada aplikasi atau sistem di smartphone tersebut. Dan untuk mengatasinya cara yang paling cepat adalah dengan melakukan reset factory baik dengan cara Soft Reset ataupun dengan cara Hard Reset. Akan tetapi perlu disadari kedua cara ini akan menghapus semua data yang ada didalam smartphone.

Cara Mengatasi Kamera error
Cara Mengatasi Kamera error

Sebelum anda melakukan Reset Factory, cobalah langkah – langkah berikut ini untuk mengatasi masalah kamera smartphone anda :

  1. Buka pengaturan, kemudian tap menu Apl (manajemen aplikasi).
  2. Tap semua aplikasi kamera yang ada di smartphone anda (lakukan satu persatu) kemudian tap menu/tombol Clear Cache, kemudian Reboot smartphone anda.
  3. Jika masalah masih belum hilang, Backup semua data hasil kamera (foto dan video) ke komputer. Kemudian buka lagi menu pengaturan (langkah 1).
  4. Tap semua aplikasi kamera yang ada di smartphone anda (lakukan satu persatu) kemudian tap menu/tombol Hapus Data, kemudian Reboot smartphone anda.
  5. Jika cara kedua ini tidak juga mengatasi masalah anda, hapus / uninstall semua aplikasi kamera yang ada kemudian reboot dan install lagi aplikasi tersebut.
  6. Dan jika cara ini tidak juga menjadi solusi masalah kamera smarpthone anda, maka tidak ada cara lain kecuali melakukan Wipe Data (Reset Factory).

Note : Reset Factory akan menghapus semua data di smartphone anda, sangat kami sarankan  melakukan backup semua data yang ada.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
4

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *