Salah satu masalah yang kerap terjadi pada smartphone adalah kamera yang bermasalah. Mulai dari aplikasi tidak bisa dijalankan hingga error dengan notifikasi “tidak dapat terhubung ke server”. Dan seperti biasa untuk smartphone, error yang terjadi bisa disebabkan adanya kesalahan perangkat lunak, baik system ataupun aplikasi yang crash atau bisa juga dikarenakan perangkat keras (kamera) yang rusak dan perlu untuk diganti.

Safe Mode, kamera Sony Xperia tidak bisa dibuka
Mengatasi masalah kamera Sony Xperia tidak bisa dibuka

Nah sebelum anda memutuskan untuk mengganti hardware ke service, ada baiknya jika anda melakukan pertolongan pertama. Untuk ini anda bisa melakukannya sendiri tanpa perlu membawa ke tempat service, yah… hitung – hitung untuk menghemat pengeluaran tentunya.

Pada smartphone Sony Xperia, memiliki fungsi SAFE MODE yang memudah kita untuk mendeteksi apakah penyebab kamera tidak bisa di gunakan, apakah karena sistem yang perlu di reset (kembali ke pengaturan awal) atau mungkin perlu anda update, atau apakah ada aplikasi pihak ketiga yang menyebabkan kamera tidak bisa berfungsi.

Perlu anda ketahui, keputusan untuk menggunakan banyak aplikasi kamera terkadang justru menjadi penyebab terjadinya crash pada software yang ujung – ujungnya menyebabkan kamera tidak dapat berfungsi dengan baik. Oleh karena itu silahkan anda ikut langkah – langkah berikut ini untuk mendeteksinya.

  1. Masuk ke SAFE MODE.
    • Caranya, smartphone dalam kondisi aktif, silahkan anda tombol Power beberapa saat untuk menampilkan menu “Power Off”.
    • Tekan dan tahan menu “Power Off”.
    • Tekan tombol OK, saat tampil konfirmasi untuk reboot dan masuk pada mode SAFE MODE. Perangkat akan reboot dan masuk pada mode SAFE MODE. Ini dapat anda ketahui dengan memperhatikan layar dimana terdapat tulisan SAFE MODE di bagian kiri bawah layar.
    • Silahkan jalankan aplikasi aplikasi kamera bawaan (bukan aplikasi pihak ketiga seperti B16, Camera 360). Jika masalah kamera tidak berfungsi dikarenakan karena aplikasi pihak ketiga, maka di mode SAFE MODE, kamera akan berjalan dengan lancar. Dan anda bisa menghapus semua aplikasi kamera yang terinstall di perangkat.
  2. Jika dalam kondisi / mode SAFE MODE, kamera masih tidak berfungsi, anda bisa melakukan reset factory baik dengan soft reset ataupun hard reset. Caranya silahkan anda baca : 3 Cara Mudah Masuk Ke Recovery Mode Pada Sony Xperia M

 

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
111

13 thoughts on “Cara Mengatasi Masalah Kamera Sony Xperia

  1. daua bingung kenapa tombol kamera pada soni xperia m saya tidak bisa untuk mengambil gambar, bagaimanakah solusunya.?? tolong di respon

  2. Saya pakai Xperia c5 ultra dual, pada saat membuka kamera muncul tulisan “kamera tidak bisa untuk merekam video”, cuma bisa untuk foto, tolong solusinya, terimakasih.

  3. Gan tanya hampir smua aplikasi sony c sy hilang. Mulai dari tema,gmail,galeri,camera,dll. Itu sy pindahkan ke link2sd ternyata malah hilang smua. Sampai keyboard pun ikut hilang. Gimana solusinya min..

  4. Saya pake xperia m4, kamera pernah error saya safe mode bisa
    Sekarang error lagi sudah di safe mode dan setelah masuk ke photo
    Keluar tulisa ‘ANDA DAPAT MENGHAPUS WIDGET DALAM KEADAAN SAFE MODE’ Kenapa ya Gan … Thanks

  5. Aplikasi camera sony xperia z5 premium sy, tdk mau masuk ke aplikasi trsebut tp kembali k layar luar. Trus sy msk ke setting dan tekan force stop dan tetap sama, mohon bantuan

  6. Gann hp saya sony z3 kok kamera ada tulisan “galat kamera tidak tersedia” itu knpa ya udah di flash 3 kali ttep gak gabisa

  7. Permisi sblmnya gan. Ane mau nanya nih. Kira” kamera depan hp ane xperia z3. Diganti dgn kamera depan xperia c5 bisa gk ya gan. Mohon solusinya gan terimakasih…

  8. Mengapa setiap akan fhoto kamera sony xperia z2 saya keluar sendiri ke menu utama
    tulisan keterangan nya perangkat panas gunakan lg setelah dingin
    bagaimana cara mengatasi nya??

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *