Cara Mengatasi Masalah “Unfortunately App Has Stopped” di Android

Smartphone android saat ini menjadi pilihan utama para remaja ataupun kaum dewasa dan orang tua. Karena memang perangkat dengan sistem android menawarkan sesuatu yang berbeda dengan ponsel model lama pada umumnya.

Error, Recovery Mode, Wipe Cache
Error ” Sayangnya aplikasi telah terhenti”, “Unfortunately, the apps has stopped”

Namun meski dengan mudah kita dapat menginstall aplikasi atau meng-uninstall aplikasi, tidak berarti smartphone android bisa terlepas dari masalah error, justru semakin sering kita install dan uninstall aplikasi justru terkadang akan semakin rentan smartphone android dari yang namanya masalah atau error.

Banyak macam – macam masalah yang dapat kita jumpai di smartphone android, dan salah satunya adalah masalah aplikasi yang tiba – tiba berhenti tiba – tiba dan muncul notifikasi “Sayangnya Aplikasi telah berhenti” atau “Unfortunately App Has Stopped”.

Beberapa langkah dibawah ini akan dapat membantu anda mengatasi masalah “Sayangnya Aplikasi telah berhenti” atau “Unfortunately App Has Stopped” tersebut. Anda dapat melakukannya step pertama dahulu dan kemudian mencoba menjalankan aplikasi yang bermasalah tersebut sebelum melangkah ke step berikutnya.

  1. Force Stop.
    Berikut adalah cara untuk memaksa aplikasi berhenti :

    • Buka Setting/pengaturan dari Home screen di perangkat smartphone anda.
    • Cari dan tap menu Apl atau manajemen aplikasi di beberapa perangkat lain
    • Carilah aplikasi yang acap kali berhenti dan menampilkan pesan “Sayangnya…., dan tap untuk membukanya.
    • Selanjutnya tap/tekan tombol “FORCE STOP”.
  2. Delete App Cache Atau App data
    Kadang-kadang dengan menghapus cache sebuah aplikasi dapat memecahkan masalah seperti yang kami tulis di judul posting ini. Dan untuk melakukan ini tidaklah sulit, caranya sama dengan step pertama, namun setelah anda buka aplikasi yang sering bermasalah, tap tombol “CLEAR CACHE” dan “CLEAR DATA”. Namun untuk menekan CLEAR DATA perlu anda ingat bahwa jika aplikasi tersebut menggunakan akun maka anda akan diminta memasukkan akun kembali saat anda membukanya kemudian, begitu juga jika aplikasi tersebut berupa Game yang menentukan level tertentu maka semua level dan prestasi yang anda buat akan hilang dan mulai dari awal lagi.
  3. Uninstall Dan Install lagi Aplikasi yang Error
    Jika kedua cara diatas masih juga tidak mendapatkan hasil, langkah berikutnya adalah dengan melakukan uninstall aplikasi tersebut. Caranya silahkan anda baca posting kami sebelumnya : Cara Mudah Uninstall aplikasi di Perangkat Android
  4. Wipe System Cache
    Dengan melakukan Wipe System Cache terkadang dapat menyelesaikan masalah error sehubungan dengan aplikasi yang sedang kita buka atau bahkan error sistem android itu sendiri. Dan untuk melakukan ini sebenarnya cukup mudah, yang perlu kita lakukan hanyalah masuk ke dalam Recovery Mode. Nah beberapa perangkat android memiliki cara yang tidak sama untuk masuk ke Recovery Mode, untuk masuk ke Recovery Mode silahkan anda baca disini. Setelah anda masuk ke Recovery Mode, arahkan kursor ke opsi “WIPE CACHE”, dan kemudian jalankan dengan menggunakan tombol power. Setelah selesai silahkan anda reboot perangkat android anda.
  5. Reset Factory
    Untuk melakukan reset factory silahkan anda baca : Cara Reset Smartphone Android


7 thoughts on “Cara Mengatasi Masalah “Unfortunately App Has Stopped” di Android

  1. Thanks untuk tutorialnya

    Saya punya Samsung S3 , sudah saya coba reset factory , hardreset , flasing odin , DLL … tapi problem tidak teratasi . masalah masih tetep ada . mohon pencerahannya . THANKS

  2. Kmren sudah bisa teratasi cuma ikut langkah pertama. Tapi saya barusan instal aplikasi baru, sudah coba sampe install ulang apk.nya tetep ndak bisa. Ada solusinya ndak kak selain reset ?? takutnya apknya yg eror

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.