Cara Mengatasi Oppo R1X Tidak Bisa Terhubung ke Internet

Tadi siang kebetulan penulis sedang main ke rumah teman. Maklum hari ahad banyak waktu senggang untuk tetap menjalin tali silaturrahim. Namun kembali lagi disela – sela agenda silaturrahim pas ada waktu untuk berbagi kesempatan dan sedikit pengetahuan.

Setting Tanggal di Android,
Cara mengatasi tidak bisa terhubung ke internet

Ceritanya gini, ketika lagi asik ngobrol dengan teman, tiba – tiba adik teman penulis datang sambil menyodorkan smartphone Oppo R1X miliknya. Setelah penulis tanya ternyata Oppo R1X tersebut sedang sakit dan penyakitnya lumayan rumit karena tidak bisa terhubung keinternet sama sekali. Mulai dari Play Store, Email, BBM, WA hingga browserpun tidak bisa terhubung sama sekali.

Setelah penulis cek, Oppo R1X tersebut sedang terhubung ke Hotspot di rumah tersebut, namun anehnya tidak bisa akses internet sama sekali. Penulis juga sudah mencoba untuk setting IP Address secara manual, caranya silahkan anda baca : Cara mengatasi Perangkat Android Tidak Bisa Terhubung Ke WiFi, namun tetap juga tidak bisa.

Nah mulai  sedikit berprasangka ini smartphone mesti di Reset Factory ini. Dan memang katanya yang punya Oppo miliknya tersebut telah di bawah ke tukang service, dan disarankan untuk dibawa ke Service Center Oppo untuk direset atau bahkan kemungkinan memory internalnya yang rusak.

Nah, disaat – saat genting ingatan penulis teringat pada masalah di komputer saat tidak bisa browsing, ketika buka Google atau halaman situs lainnya juga tidak bisa, padahal komputer dalam keadaan terhubung keinternet via Wifi. Dan masalahnya ternyata hanya setting tanggal yang tidak up to date.

Teringat hal tersebut langsung saja penulis buka Pengaturan di Oppo R1X dan masuk pada setting Date & Time, tretet….. benar saja ternyata tanggal di perangkat tersebut tidak up to date. Langsung saja penulis eksekusi dengan mengubah pengaturan tanggal dan waktu sesuai dengan waktu saat itu. Alhasil langsung saja Oppo R1X terus berdentang, suara notifikasi BBM masuk terus berbunyi, begitu pula dengan Play Store yang menginformasikan aplikasi sedang di perbaharui.

Kesimpulannya, jika anda mengalami hal serupa, dimana perangkat android anda telah terhubung dengan internet baik via Koneksi Data Seluler ataupun Wifi, namun perangkat tetap tidak bisa terhubung ke internet, maka silahkan cek dan sesuaikan pengaturan tanggal dan waktu perangkat android tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *