Cara Mengatasi Sistem Android yang Tiba-Tiba “Hang” dan Layar Sentuh Tidak Berfungsi

  • Bagikan
Cara Mengatasi Sistem Android Hang
Cara Mengatasi Sistem Android Hang

Pernahkah Anda mengalami sistem Android ‘Hang’ secara tiba-tiba? Hal ini biasanya akan mengakibatkan ponsel Anda panas dan layar sentuh tidak berfungsi. Ini merupakan sebuah masalah yang terjadi karena kesalahan sistem Android itu sendiri.

Cara Mengatasi Sistem Android Hang
Cara Mengatasi Sistem Android Hang

image source

Masalah bisa muncul karena software atau hardware. Salah satu yang kerap terjadi adalah perangkat mengalami panas berlebih. Solusinya mudah, tinggal matikan perangkat. Bagaimana jika ponsel Android Anda benar-benar “hang” alias tidak ada respon sama sekali saat layar atau tombol fisik Anda sentuh. Berbagai cara sudah Anda lakukan, namun ponsel tak kunjung hidup dan beroperasi normal. Seandainya hal seperti itu terjadi, jangan panik. Berikut ini penulis berikan langkah cepat yang harus Anda lakukan.

Bagi sebagian pengguna ponsel Android tentu sudah tidak asing lagi dengan permasalahan yang ada seperti ini. Namun sepertinya masalah ini cukup menguras fikiran pengguna dan bisa membuat panik seketika juga. Pada dasarnya, ponsel Android mengalami masalah tersebut karena sistem android terlalu banyak menghabiskan ruang penyimpanan, atau terlalu banyak aplikasi dengan memori yang besar. Sehingga Android menjadi lambat atau lemot, dan mengakibatkan Blak Screen atau layar sentuh tidak berfungsi.

Cara Mengatasi Sistem Android yang Tiba-Tiba “Hang” dan Layar Sentuh Tidak Berfungsi

Lepas Baterai

Cara paling mudahnya ketika sedang mengalami sistem Android Crash atau Hang adalah dengan mematikan sumber dayanya. Dalam hal ini adalah Baterai Ponsel. Anda seharusnya perlu melepas baterai untuk memutus sumber kelistrikan dari ponsel Anda. Sehingga kemudian Anda bisa dengan mudah mengatasi masalah yang terjadi. Namun bagaimana jika ponsel Anda tidak memiliki cara mudah untuk melepas baterainya? Karena sekarang ini semua ponsel semuanya memiliki baterai non-romovable alias yang tidak bisa dilepas dengan mudah.

Baterai yang tersemat pada bodi belakang ponsel akan membuat Anda kesulitan dalam mengatasi masalah ini. Jika memang demikian kondisi yang Anda alami, ikuti pada langkah selanjutnya.

Matikan Paksa

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mematikan paksa ponsel Anda. Ini merupakan solusi solutif yang bisa pengguna lakukan sebelum membawanya ke tempat service.

Menekan Tombol Power dan Volume Down Beberapa Detik

Kebanyakan ponsel saat ini menggunakan baterai tanam atau baterai dalam body. Nah, untuk mematikan ponsel agar restart ketika stuck atau hang adalah dengan cara menekan tombol power dan tombol volume down secara bersamaan beberapa detik. Jika menekan tombol power dan volume down hanya sebentar biasanya justru akan memunculkan fungsi sebagai screenshot, namun jika Anda menekan agak lama maka akan membuat smartphone menjadi restart. Namun ada juga ponsel yang ketika Anda tekan tombol volume down dan power secara bersamaan beberapa detik muncul pilihan screen dan restart, jadi silahkan Anda pilih saja restart.

Menekan Tombol Power, Volume up dan Volume Down secara Bersamaan

Jika ternyata dengan menekan tombol power dan volume down tak membuat ponsel Anda mati, Anda bisa pakai cara kedua yaitu menekan 3 tombol secara sekaligus. Mulai dari tombol power (tombol lock), tombol volume up (tombol untuk membesarkan suara) dan tombol volume down (tombol untuk mengecilkan suara), Cara ini biasanya dapat Anda lakukan untuk ponse Android dari motorola dan juga lainnya bisa Anda coba.

Tunggu Hingga Baterai Habis

Jika dengan menekan tombol tidak kunjung membuahkan hasil pada ponsel Anda. Anda bisa melakukan alternatif ketiga ini. Yakni Anda harus menunggu sampai baterai benar-benar habis. Cara ini hanya saja membutuhkan waktu yang lama, bisa sehari atau bahkan berhari-hari hingga ponsel Anda mati dengan sendirinya. Nah, ponsel Anda mati barulah Anda mulai melakukan pengisian baterai sampai penuh kemudian hidupkan kembali ponsel Anda.

Sabagai solusi cepat untuk cara yang ketiga ini, Anda bisa membawanya ke service terdekat untuk kemudian melepas socket baterai yang ada pada body perangkat Anda.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.