Cara Mengatasi Smartphone Android Hang Setelah Melakukan Upgrade

Selamat malam, malam – malam masih ngelembur ya? pertanyaan yang aneh, lembur yang pasti malam, masak siang hari dibilang lembur hehehe…. , Tapi jangan khawatir lebur saya bukan tanpa sebab. Saya lembur karena banyak pertanyaan yang masuk seputar masalah yang penanya dapati. 

Bootl Loop, Boot Stuck, Hang
Cara mengatasi android hang

Trouble atau masalah yang kini banyak di hadapi pengguna smartphone android adalah dimana tiba – tiba perangkat android mereka hang atau boot stuck alias macet ketika perangkat android mereka menampilkan logo android atau logo merek perangkat android yang mereka miliki.

Dan kebanyakan dari mereka ini mendapati masalah tersebut setelah mereka melakukan upgrade versi OS perangkat android mereka, lantas bagaimana cara mengatasinya?.

Sebelum kami menjelaskan cara mengatasinya, beberapa hal yang dapt menyebabkan hal tersebut adalah biasanya karena proses upgrade yang tidak sukses yang dikarenakan, koneksi atau proses upgrade terhenti dengan sendirinya karena kuota internet habis (jika anda menggunakan koneksi seluler), sambungan wifi terputus, batterai tidak memadai sehingga perangkat android mati sebelum proses komplit, atau komputer yang anda gunakan tiba – tiba mati jika anda melakukan upgrade via PC.

Cara mengatasi smartphone android yang hang setelah proses upgrade adalah dengan melakukan hard reset untuk mengembalikan ke pengaturan pabrik atau jika anda menggunakan smartphone Samsung anda dapat melakukan reset factory via Samsung KIES. Berikut langkah – langkah Hard reset :

  • Matikan perangkat android anda dengan menekan dan menahan tombol power hingga terasa getar dan layar mati, atau dapat juga anda langsung melepas batterai perangkat android tersebut.
  • Tekan tombol power + Volume UP + Home untuk smartphone Samsung hingga tampil layar dan masuk ke tampilan Recovery Mode, atau tekan tombol Power + Volume Up hingga muncul logo android sedang tiduran dengan tanda seru, kemudian anda tekan tombol power untuk masuk ke Recovery Mode.
  • Arahkan kursor ke menu “Wipe Data / Reset Factory” dengan menggunakan tombol Volume Down, kemudian tekan tombol power untuk smartphone Samsung atau tekan tombol Volume Up untuk melaksanakan Reset Factory.
  • Tunggu proses Reset Factory selesai, kemudian reboot dengan mengarahkan kursor ke menu Reboot System dengan menggunakan tombol volume down, dan tekan power atau volume up.

Semoga membantu.

38 Comments

  1. HP samsung ane hang gan loading terus ändroid sedang meningkatkan versi gitu.. setelah pake cara yang tekan tombol power, vol up sama home langsung jadi, wah topcer deh makasih gan

  2. tolong solusinya donk ketika selesai root hp android untuk update software, tiba tiba pada 100% mengalami stuck, ada tanda seru gitu, kmudian layar hp saya jadi rusak. ??? gimana donk pliss?

  3. Mau nanya nih,kan ane abis upgrade os lollipop, terus pas udh siap ngebootingnya lama. Itu wajar gak? Apa kena bootloop?
    Tolong sarannya om

  4. faisalfathansays:

    Gan hp ane juga sama meningkatkan versi android terus nggak jadi selama 3 hari caranya gimana gan? Hp ane lenovo a6000

  5. Hp sy andromax a, hang setelah melakukan pembaruan sistem. Setelah melakukan saran anda hp sy berfungsi normal kembali. Terima kasih tips anda sangat bermanfaat.

  6. Utuk max e2 saya setelah say nyalakan masuk di selamat datang saya klik yang ada hanya item terus itu kerusakan apanya gan walou pakei room lain ttp sama … Mohon di jawab gan

  7. GAN SETELAH NGIKUTI CARA DI ATAS TIBA” HP MATI TERUS YALA KELUAR PILIH BAHASA. SAYA PILH INDONESIA TRS KELUAR JARINGAN WIFI TIBA” HP MATI LAGI YALA LAGI KELUARNYA BAHASA LAGI. MATI LAGI GITU TERUS GAN ITU KNP YAH? MOHON DI BANTU

  8. Hp saya samsung j3 setelah upgrade kversi yg baru hp sering mati sendiri
    Ap cara hard reset bisa menghapus data yg sudah ad g?trus ad cara lain g supaya data tdak hlang

  9. Setelah pembaharuan perangkat lunak,hp saya jadi cuma sampai di gambar samsung setelah itu gelap layar lagi,begitu seterusnya sampai batrai low..
    Tolong bantu ??

  10. Setelah pembaharuan perangkat lunak,hp saya jadi cuma sampai di gambar samsung setelah itu gelap layar lagi,begitu seterusnya sampai batrai low..
    Tolong bantu ??

  11. Setelah pembaharuan perangkat lunak,hp saya jadi cuma sampai di gambar samsung setelah itu gelap layar lagi,begitu seterusnya sampai batrai low..
    Tolong bantu ??

  12. Setelah pembaharuan perangkat lunak,hp saya jadi cuma sampai di gambar samsung setelah itu gelap layar lagi,begitu seterusnya sampai batrai low..
    Tolong bantu ??

  13. Hp waktu instal perangkat lunak langsung mati tpi ada tulisan Samsung gitu . Sudah di tekan tombol up + power masih tidak bisa . Tolong bantuannya

  14. Nuraiman Isepsays:

    gan saya punya hp samsung gt-s6802. saya upgrade ke OS KitKat jadi hang sudah di riset kok masih hang juga ya..?

  15. hp saya juga lenovo a6000 ps meningkatkan versi baterai saya lemah langsung mati. setelah itu susah sekali buat ningkatin versi.udah 2 hari hp enggak bisa ke buka ke layar utama cuma mentok di peninggkatkan versi terus padahal udah dicas

  16. Hp saya samsung s9 setelah saya abgret melalui hp saya ke android 10.. Gk lama layar hp saya henk.. Nge blenk.. Layarnya bisa berubah berkilat2 putih .. Seperti kilat.. Nyala kadang hilang.. Dan kembali normal.. Paling paling parah klo awal di star.. Di hidupkan knpaa ya gan.. Padahal sdh saya restart ulang ke pengaturan pabrik semua data habis terhapus .. Dan tetap saja

  17. kuat santososays:

    semalam sy update android pd hp J6+, krn ada permintaan utk update software. sementara dia proses, sy tinggal tidur. pd jam 01.00 sy lihat pd layar hp muncul tulisan Samsung, dan hp tdk bereaksi walau ditekan tombol manapun. tulisan Samsung tsb muncul terus samapi jam 03.00. kesimpulan sy, hp hang.
    update software sebenarnya pernah jg dilakukan bbrp waktu lalu, dan tidak masalah. mohon pencerahan, terima kasih

  18. Setelah downgrade android 10 ke 9 suksess cuma keluar gambar listrik kaya lg charging dan ga mau nyala, pencet tombol power sama volume juga ga bisa. mohon solusinya suhu !!!

  19. Hp saya realme 3 pro.persis seperti yg d atas.memperbarui perangkat lunak.hp mati cuma sampai realme putih.saya matikan tetep gk bisa masuk recovery.. solusinya gmna bang?atau d bawa k customer realme saja?

  20. Sebelum di upgrade samsung A30s sering hang sendiri, solusinya gimna ya? Sudah saya bawa ke servis di downupgrade ttep aja masih kaya gitu. Tolong dong solusinya

  21. Sebelum di upgrade samsung A30s sering hang sendiri, solusinya gimna ya? Sudah saya bawa ke servis di downupgrade ttep aja masih kaya gitu. Tolong dong solusinya gimna.
    Makasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *