Saat ini ketergantungan masyarakat modern akan kehadiran internet sangat tinggi. Karena internet bukan saja menjadi sarana mendapat informasi dan juga untuk sarana komunikasi melainkan lebih dari itu, kini internet juga menjadi guru virtual dalam memperoleh solusi dan mencari jawaban dari rasa keingin tahuan kita. Tak jarang anak – anak atau adik kecil kita memanfaatkan mbah Google ketika menemui kesulitan dalam mengerjakan PR atau pekerjaan rumah.

Tips internet, Playstore gagal
Internet akses gagal

Namun apalah daya jika tiba – tiba smartphone atau perangkat android lain yang kita miliki tiba – tiba tidak bisa terhubung keinternet. Awalnya kita mengira paket data yang kita miliki sudah melampaui kapasitas atau kuotanya. Namun saat kita mencoba untuk menghubungkan ke jaringan hotspot (wifi) ternyata kita masih juga mendapati perangkat android tersebut tidak bisa terhubung keinternet, padahal indikator wifi sudah menunjukkan jika perangkat kita terhubung.

Ada apa gerangan, jangan – jangan sistemnya…, segala upayapun telah kita lakukan namun masih juga perangkat tersebut tidak bisa terhubung keinternet, terutama saat membuka aplikasi Play Store ataupun saat kita mencoba untuk browsing.

Nah sebelum anda melakukan reset factory, ada baiknya anda melakukan hal – hal berikut ini :

  • Cek tanggal. Tanggal yang tidak up to date akan menyebabkan perangkat tidak bisa menjalankan browser dan juga tidak bisa membuka aplikasi lain milik Google, seperti Youtube, Play Store dll.
  • Cek pengaturan IP Address. Jika anda terhubung dengan internet via Wifi, cek pengaturan IP Address. Pengaturan IP manual yang tidak sama dengan IP Access Point (IP) dan juga Gatewaynya akan menyebabkan perangkat tidak bisa terhubung keinternet sama sekali.
  • Jika anda hanya terhubung keinternet via Access Point (Wifi) dengan memanfaatkan jaringan internet Speedy, silahkan anda cek modem pastikan semua lampu indikator (ADSL, internet dan Wifi) Aktif normal.
  • Cek kuota. Ini anda lakukan jika anda menggunakan seluler untuk akses internet. Anda bisa cek sisa kuota yang anda miliki.
  • Jika anda tidak bisa browsing, silahkan anda hapus semua history, cookie dan reset pengaturan browser ke pengaturan default.

Selamat mencoba!!!

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *