Cara Mengatasi Tombol Home dan Back Android Tidak Berfungsi

Tombol home dan back di Android merupakan dua tombol yang sangat krusial fungsinya. Tombol home biasa kita gunakan untuk kembali ke layar utama saat menggunakan aplikasi. Sedangkan tombol back kita gunakan untuk kembali ke menu-menu sebelumnya di dalam aplikasi. Tanpa dua tombol ini, kita akan sangat kesulitan saat menggunakan Android.Androidd resultAndroidd result

Apakah saat ini Androidmu tombol home dan backnya sedang bermasalah ? JIka bermasalah Coba gunakan cara-cara dibawah ini, siapa tahu bisa berhasil dan di gunakan lagi.

Cara Mengatasi Tombol Home dan Back Tidak Berfungsi di Android

1. Unroot dan Kembalikan ke Stock ROM

Android merupakan sistem operas open source, yang berarti kita dapat memodifikasi sistemnya semau kita. Memang seru untuk mengoprek sistem Android, kita bisa mengubah pengaturan hingga penampilannya. Namun kadang kalau kita tidak hati-hati saat ngoprek, hal buruk akan terjadi.  Misanya tombol home atau back yang menjadi tidak berfungsi.

Nah, jika sudah begini, maka jalan keluarnya hanya satu. Yaitu ponsel Android milik kamu harus di unroot. Bahkan jika kamu sudah terlanjur menggunakan Custom ROM, kamu harus mengembalikannya ke Stock ROM lagi.

2. Hapus Aplikasi yang Baru Dipasang

Coba ingat-ingat, apa yang menyebabkan tombol home dan back Android kamu tidak berfungsi atau rusak? Biasanya salah satu penyebabnya karena kamu menginstall aplikasi yang tidak kompatibel. Entah itu tidak kompatibel karena versi aplikasinya yang sudah lama, atau karena tidak kompatibel dengan perangkat Android yang sudah di root.

Hal ini akan menyebabkan beberapa error, salah satunya adalah tombol home yang rusak atau tidak bisa digunakan. Untuk mengatasinya, bisa dengan menghapus kembali aplikasi terakhir yang kamu install.

3. Factory Reset

Jika kamu sudah melakukan kedua cara diatas namun tombol home tidak berfungsi masih saja terjadi ? Jangan menyerah dulu, karena masih ada beberapa hal lagi yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya. Salah satunya adalah dengan melakukan factory reset atau mengembalikan ponsel ke pengaturan pabrik.

Dengan factory reset, semua setting yang ada di ponsel kamu akan dikembalikan ke keadaan semula. Jadi nanti kondisi ponsel Android kamu akan sama persis seperti ketika baru dibeli. Namun harus hati-hati sebelum melakukannya, yang perlu kamu ketahui adalah tindakan ini akan menghapus semua data kamu. Jadi sebelumnya kamu harus backup semua data-data penting ke laptop atau ponsel lain.

 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.