Cara Mengatur Batas Waktu Penggunaan Aplikasi dan Memblokirnya di Android

  • Bagikan
Cara Mengatur Waktu Penggunaan Aplikasi
Cara Mengatur Waktu Penggunaan Aplikasi

Mengatur waktu penggunaan Aplikasi merupakan hal penting terutama bagi orang tua. Tanpa batas waktu ini terkadang akan membuat kesulitan bagi orang tua untuk menghentikan Anaknya saat bermain ponsel. Namun, dengan opsi waktu limit aplikasi ini, kita bisa mengatur berapa lama aplikasi tersebut akan digunakan oleh anak-anak Anda.

Cara Mengatur Waktu Penggunaan Aplikasi
Cara Mengatur Waktu Penggunaan Aplikasi

image source

Bagi anak-anak, menghabiskan terlalu banyak waktu dengan ponsel tentunya akan berdampak kurang baik. Maka dari itu, Anda dapat memanfaatkan fitur kesejahteraan digital (digital wellbeing) untuk melacak penggunaan aplikasi Anda dan menetapkan batas aplikasi. Selain itu, Anda juga dapat membloki akses ke aplikasi tersebut setelah mencapai waktu penggunaan yang sudah Anda atur dengan baik.

Apa Itu Fitur Digital Wellbeing?

Fitur ini biasanya akan Anda temukan jika Anda memiliki smartphone dengan sistem Android Pie atau yang lebih baru. Digital Wellbeing mencakup beberapa fitur lain yang ada di dalamnya. Akan tapi, ini tentunya akan bermula dengan perkenalan bagaimana cara Anda menggunakan smartphone.

Digital Wellbeing biasanya akan menampilkan data grafik tentang aplikasi yang paling lama Anda gunakan. Kemudian berdasarkan jumlah notifikasi yang Anda terima, serta berapa kali Anda membuka perangkat dalam sehari.

Dua fitur penting dari Digital Wellbeing, Focus dan Bedtime, bisa membuat kita agar lebih tenang dalam bekerja dan beristirahat. Digital Wellbeing pertama kali diperkenalkan pada tahun 2018, dan pada saat ini sudah menjadi fitur bawaan pada semua ponsel Android terbaru. Bila Anda belum memilikinya, Anda bisa memasangnya dari Google Play Store. Tergantung pada versi Android yang Anda miliki, Digital Wellbeing tersedia sebagai aplikasi terpisah atau dapat Anda akses secara langsung dari menu Pengaturan ponsel.

Cara Mengatur Batas Waktu Penggunaan Aplikasi Melalui Digital Wellbeing

Digital Wellbeing adalah fitur manajemen waktu layar bawaan Google. Ini tersedia pada ponsel Google Pixel, perangkat Android One (yang menjalankan Android 9 Pie dan lebih tinggi), dan sejumlah ponsel lainnya. Setelah Anda mengunduh aplikasi Kesehatan Digital pada perangkat Anda, maka itu akan muncul sebagai opsi pada Pengaturan.

Aplikasi Digital Wellbeing memonitor berapa banyak waktu yang Anda habiskan bersama ponsel Anda. Ini memberi tahu Anda berapa kali Anda mengangkat telepon, berapa banyak waktu yang Anda habiskan dalam menggunakan aplikasi tertentu, dan berapa banyak notifikasi yang Anda terima hari ini.

Anda dapat menggunakan informasi ini untuk membuat keputusan tentang berapa banyak waktu yang Anda habiskan pada ponsel cerdas Anda. Aplikasi ini juga memberi Anda alat, seperti Pengatur Waktu Aplikasi, untuk membatasi penggunaan Anda.

Dengan App Timer, Anda dapat membatasi berapa banyak waktu yang dapat Anda habiskan dalam suatu aplikasi. Misalnya, Anda dapat mengaturnya sehingga Anda hanya menggunakan YouTube 30 menit per hari.

Untuk melakukan ini, geser ke bawah pada bayangan pemberitahuan, lalu ketuk ikon roda gigi untuk membuka Pengaturan (atau buka dari laci aplikasi). Selanjutnya, ketuk “Kesejahteraan Digital dan Kontrol Orang Tua.”

1. Kemudian pada Dasbor aplikasi, gulir ke bawah ke aplikasi yang ingin Anda batasi. Misalnya YouTube dan ketuk ikon jam pasir di sebelahnya.
2. pada jendela sembulan, atur batas waktu, lalu ketuk “OK.”
3. Saat waktu penggunaan Anda habis, aplikasi akan berhenti sejenak. Ikonnya pada layar beranda akan berwarna abu-abu, dan Anda tidak akan menerima pemberitahuan apa pun darinya. Keesokan harinya, timer disetel ulang, dan aplikasi terbuka lagi.

Tentu saja, Anda selalu dapat kembali ke aplikasi Digital Wellbeing dan memperpanjang atau menonaktifkan timer kapan pun Anda mau.

Download Aplikasi Pihak Ketiga

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga untuk membantu mematikan layar ponsel Anda saat sedang menggunakan aplikasi tertentu. Aplikasi sifatnya umum, jadi aplikasi apapun yang Anda buka, akan otomatis mati layarnya saat waktu yang Anda tentukan telah habis.

Download Aplikasi Screen Off Timeout

Aplikasi ini berfungsi untuk mengatur waktu mati layar saat perangkat tidak dalam aktivitas (tidak digunakan, idle). Selain itu, misalnya Anda bermain game atau menonton video, layar akan dipaksa mati walaupun sedang Anda gunakan. Anda dapat mengubahnya dengan mudah dan cepat menggunakan Pengaturan Cepat atau Widget Aplikasi tersebut.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.