Cara Mengatur dan Menggunakan Nearby Share di Android

  • Bagikan
Cara Menggunakan Nearby Share
Cara Menggunakan Nearby Share

Nearby Share merupakan salah satu fitur berbagi file dengan mudah terhadap perangkat Android sekitar Anda. Kehadiran fitur ini sebagai jawaban atas fitur AirDrop Apple yang memungkinkan pengguna dapat berbagi file dengan mudah dan cepat antara Mac, iPhone, dan iPad. Melalui Nearby Share ini Google dapat menjembatani kesenjangan itu dengan solusi serupanya sendiri.

Cara Menggunakan Nearby Share
Cara Menggunakan Nearby Share

image source

Hal baiknya adalah jika Anda memiliki perangkat Android terbaru, maka tentunya fitur Nearby Share sudah tersedia pada perangkat Anda. Nah, dalam kesempatan ini Penulis akan berbagai cara mengatur dan menggunakan fitur Nearby Share untuk melakukan mentransfer file antar perangkat Android sekitar Anda dengan cepat.

Apa itu Nearby Share?

Nearby Share adalah sebuah fitur berbagi terkini khusus untuk perangkat sekitar Anda. Secara tidak langsung ini sama halnya dengan fitur AirDrop yang ada pada perangkat Apple, sedangkan Nearby ini untuk perangkat Android. Dengan fitur ini memungkinkan Anda mentransfer file, dokumen, tautan, dan lainnya dengan cepat dan lebih mudah dengan perangkat Android terdekat lainnya hanya dalam beberapa ketukan saja.

Anda tidak hanya bisa mengirimkan file dan foto saja. Namun Anda juga dapat menggunakan Nearby Share ini untuk mentransfer aplikasi yang antar sesama perangkat Android. Lebih menariknya, fitur ini juga dapat Anda gunakan untuk mentransfer atau berbagi file ke dan dari Chromebook dengan cepat. Baca: Cara Menggunakan Fitur Nearby pada Chromebook.

Kehadiran fitur ini dapat mengatasi semua masalah transfer file yang biasanya Anda lakukan dengan menggunakan Bluetooth atau Wi-Fi. Nearby Share ini lebih menyederhanakan proses pemasangan dan transfer file besar hanya dalam sekejap. Ini bekerja secara offline, walaupun dalam beberapa kasus mungkin menggunakan data seluler untuk mentransfer file antar perangkat tersebut.

Fitur ini tidak tersedia untuk iOS atau Linux. Dalam masalah seperti itu, Anda dapat menggunakan Snapdrop untuk mentransfer file antara Linux, Android, dan iOS.

Fitur Nearby ini tersedia pada hampir semua perangkat Android 6.0 atau yang lebih baru. Ingatlah bahwa lokasi perangkat Android Anda, Wi-Fi, dan Bluetooth harus aktif agar fitur ini dapat bekerja dengan baik.

Cara Mengatur Nearby Share pada Perangkat Anda

1. Pada perangkat Android Anda, navigasikan ke Setelan => Google => Perangkat dan berbagi => Nearby Share.
2. Aktifkan sakelar Nearby Share terlebih dahulu pada bagian atas. Anda juga dapat mengubah nama perangkat agar lebih mudah terdeteksi menggunakan opsi Nama perangkat.
3. Untuk Visibilitas Perangkat, Anda dapat memilih Semua Kontak, Semua Orang, atau Tersembunyi, tergantung pada preferensi Anda. Hanya saja jika Anda memiliki Kontak akan memastikan bahwa perangkat Anda hanya dapat terlihat oleh orang-orang dalam daftar kontak Anda. Atau, Anda dapat mengaktifkan visibilitas hanya untuk kontak yang Anda pilih. Jika Anda menerapkan Semua Orang, perangkat Android apa pun dapat menemukan Anda dan mengirim file kepada Anda. Ada opsi untuk menggunakan mode ini untuk sementara atau untuk selalu mengaktifkannya.
3. Jika Anda tidak ingin Nearby Share menggunakan data seluler atau internet untuk mentransfer file kecil sekalipun, nonaktifkan opsi ini dari menu Data.
4. Anda juga dapat menautkan dan memverifikasi nomor telepon Anda dengan Nearby Share untuk mempermudah proses berbagi.

Cara Berbagi File Menggunakan Nearby Share

Setelah Anda menyiapkannya, Anda siap untuk mulai mengirim dan menerima file melalui Nearby Share.

1. Pilih jenis file atau dokumen yang ingin Anda kirim ke seseorang dan ketuk tombol Bagikan. Dari menu berbagi yang muncul, pilih opsi Nearby Share.
2. Perangkat Android Anda kemudian akan melanjutkan untuk mencari perangkat terdekat lainnya dengan fitur Nearby Share yang aktif.
3. Pilih perangkat tempat Anda ingin mentransfer file.
4. Perangkat lain akan mendapatkan prompt pemberitahuan bahwa file sedang dibagikan menggunakan Nearby Share. Ketuk pada prompt lalu ketuk Terima untuk memulai proses transfer.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.