Cara Mengatur Google Play Store Agar Aman Diakses Anak-anak

Di era yang semakin modern ini, bukan menjadi hal yang baru jika anak-anak lebih sering bercengkrama dengan gadget kesayangan mereka untuk sekedar bermain game ataupun menonton film. Layanan Google Play Store pun sudah menjadi familiar khususnya untuk anak yang menggunakan perangkat Android.

Google Playstore Anak
Google Playstore Anak

Selain itu, Google Play Store juga menjadi tempat yang tepat bagi para developer, khususnya developer kecil untuk memperkenalkan karya atau aplikasi yang mereka buat kepada publik. Hampir semua orang mengenal yang namanya Google Play Store. Bukan hanya mengenal, tapi mereka juga mahir dalam mengoperasikan Google Play Store. Bahkan, anak-anak di era saat ini juga sangat mahir dalam mengoperasikan Play Store, khususnya ketika mereka ingin mencari permainan baru.

Mahirnya anak-anak dalam mengoperasikan Play Store ini, tentu membuat orang tua senang, karena anak-anak mereka tidak gagap teknologi. Namun di sisi lain, kemahiran itu bisa menjerumuskan mereka untuk mengakses aplikasi yang tidak seharusnya diakses.

Untungnya, Google sudah memberikan fitur khusus untuk meminimalisir hal-hal yang mungkin tidak diinginkan para orang tua, fitur ini bernama Kontrol Orang Tua atau Parental control.

Untuk mengaktifkannya cukup mudah, pertama-tama masuk ke aplikasi Play Store lalu pilih Menu Setting/Pengaturan. Selanjutnya cari menu Parental control/Kontrol Orang Tua dan klik tombol On. Orang tua akan diminta untuk memasukan PIN agar anak tidak bisa mengubah menu ini secara manual. Sekarang anda tinggal menentukan aplikasi apa saja yang bisa di akses oleh anak-anak sesuai dengan umur mereka. Selamat mencoba!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.