Cara Mengatur Kartu SD Sebagai Penyimpanan Default di Perangkat Android

Saat ini, smartphone andoid telah hadir dengan berbagai opsi penyimpanan internal yang besar. Rata-rata smartphone android memiliki menawarkan penyimpanan minimal 32 GB hingga 128 GB untuk kelas bawah. Tapi tentu semakin besar penyimpanan semakin mahal pula harganya.

Namun tentu tidak semua orang harus membeli perangkat android baru jika media penyimpanan internal smartphone mereka tidak memadai untuk menampung data yang memang harus disimpan. Apalagi jika dalam WA mereka memiliki banyak group WhatsApp, tentu semakin cepat penuh media penyimpanan internal. Belum lagi harus mengirim atau menerima file-file ukuran besar via WhatsApp. Sudah pasti akan cepat habis space penyimpanan internal smartphone android anda.

Oleh karena itu opsi untuk menggunakan kartu SD sebagai penyimpanan internal tentu akan sangat berguna untuk perangkat Android yang memiliki penyimpanan internal kecil. Dan tentu anda harus melakukan sejumlah langkah-langkah pengaturan agar kartu SD yang anda masukkan di perangkat android menjadi penyimpanan default. Maka menjadikan kartu SD sebagai penyimpanan default menggantikan penyimpanan internal akan memungkinkan Anda mengunduh lebih banyak aplikasi, menyimpan lebih banyak foto dan video, dan bahkan dapat mempercepat penggunaan perangkat.

Berikut Cara Mengatur Kartu SD Sebagai Penyimpanan Default di Android :

  1. Silahkan anda matikan perangkat android anda.
  2. Siapkan kartu SD.
  3. Masukkan kartu SD ke perangkat anda.
  4. Nyalakan perangkat android anda.
  5. Buka Pengaturan > Pengaturan Penyimpanan.
  6. Pilih kartu SD Anda.
  7. Ketuk ikon menu (tiga titik) di pojok kanan atas.
  8. Ketuk Pengaturan penyimpanan.
  9. Ketuk Format sebagai internal.
  10. Ketuk FORMAT KARTU SD.
  11. Ketuk Pindahkan konten.
  12. Ketuk Selesai. Kartu SD Anda sekarang akan berfungsi sebagai penyimpanan internal.

Nah demikian cara untuk menjadikan kartu SD sebagai penyimpanan default perangkat android. Cara ini sekaligus dapat meringkan kinerja perangkat android anda, sehingga akan terasa lebih cepat kinerjanya. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *