Cara Mengatur Tipe Koneksi USB di Android 6.0

Menghubungkan perangkat android ke komputer dengan menggunakan kabel USB, hampir pasti dilakukan oleh rata – rata pengguna perangkat android tersebut. Meski sebenarnya untuk menghubungkan dengan komputer dapat juga dilakukan dengan menggunakan koneksi bluetooth, namun dengan kabel USB segalanya lebih mudah untuk dilakukan.

Android 6.0, USB Conections
Jenis USB Connections di Android 6.0

Dan jika kita ingin menghubungkan perangkat android dengan menggunakan kabel USB, pastinya satu hal yang tidak boleh terlupakan yaitu kita sudah mengaktifkan “Developer Options”.

Dan seperti  biasanya saat kita menghubungkan perangkat android dengan kabel USB, maka dilayar perangkat android tersebut akan muncul pemberitahuan, apakan akan diijinkan atau tidak.

Nah namun tidak demikian dengan perangkat android yang telah menjalankan Android 6.0, sistem operasi android versi terbaru saat ini. Saat anda menghubungkan perangkat android dengan kabel USB maka dilayar akan muncul notifikasi, untuk kepentingan apa koneksi yang kita lakukan. Terdapat 4 (empat) pilihan tipe koneksi yang bisa kita pilih.

Dari keempat tipe koneksi tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Charging : Pilihan ini akan mengaktifkan fungsi charger (mengisi baterai).
  2. MTP (Media Transfer Protocol) : Memungkinkan anda untuk menyalin semua jenis file dari komputer ke perangkat android atau sebaliknya.
  3. PTP (Picture Transfer Protocol) : Mode ini memungkinkan anda hanya membaca, dan menyalin file gambar dan video, layaknya terhubung dengan kamera digital.
  4. MIDI : Merupakan pilihan yang akan Anda gunakan jika Anda ingin menghubungkan perangkat MIDI ke perangkat seperti keyboard MIDI – untuk ponsel atau tablet dan menggunakan aplikasi synthesizer untuk membuat musik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *