Cara mengecek aplikasi yang paling banyak menghabiskan kuota data

Pernahkah anda mengalami kondisi dimana tiba – tiba anda tidak bisa internetan, tidak bisa chat BBM, tidak bisa nulis di wall facebook dan juga kirim komentar dan aktivitas internet lainnya. Padahal baru beberapa menit sebelumnya anda masih bisa melakukan segala aktivitas internet dan masa aktif paket internetpun masih beberapa minggu. Apa yang terjadi apakah sambungan data sedang off?  Setelah di cek ternyata sambungan data seluler sudah aktif.

data seluler, tips android, aplikasi android
Cek pemakian data seluler

Kejadian tersebut bisa saja terjadi pada siapa saja, khususnya ketika kita berada diluar atau tidak sedang terhubung dengan koneksi internet via wifi. Sehingga segala sesuatunya untuk terhubung keinternet pastinya menggunakan koneksi atau sambungan data seluler. Dan saya, anda dan kita bisa mengecek aplikasi apa yang menghabiskan kuota data seluler, sehingga kita bisa mengantisipasinya dengan matikan atau logout aplikasi yang acapkali menghabiskan kuota data seluler.

Berikut cara mengetahui atau mengecek aplikasi yang paling banyak menghabiskan kuota data seluler pada smartphone kita :

  • Buka menu “Setting”.
  • Sentuh menu “Penggunaan Data”.

Selanjutnya anda tingga lihat aplikasi yang paling banyak menggunakan data seluler dari kuota yang anda miliki. Dan jika paket data sudah mulai menipis anda bisa logout dari aplikasi yang sedang aktif, biasanya aplikasi yang secara realtime menggunakan data adalah Facebook, WhatsApp, BBM dan aplikasi social network lainnya.

2 Comments

  1. terima kasih banyak atas artikelnya..
    kebetulan saya baru saja menggunakan Android, dan sebelum menemukan artikel ini, transfer data hp saya berjalan terus ..

    ditunggu artikel tentang androidnya lagi gan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *