Cara Mengembalikan Aplikasi dan Game ke Ponsel Android Baru Anda

  • Bagikan
Cara Mengembalikan Aplikasi ke Ponsel Android Baru
Cara Mengembalikan Aplikasi ke Ponsel Android Baru

Mengembalikan aplikasi maupun Game merupakan hal penting jika Anda baru saja memiliki ponsel baru. Hal ini agar ponsel baru Anda tidak kehilangan aplikasi yang pernah Anda instal pada ponsel lama. Jadi Anda akan lebih nyaman dalam menggunakan ponsel baru Anda.

Cara Mengembalikan Aplikasi ke Ponsel Android Baru
Cara Mengembalikan Aplikasi ke Ponsel Android Baru

image source

Berpindah ke perangkat baru bisa menjadi hal yang menakutkan bagi kebanyakan orang. Hal ini karena ada begitu banyak aplikasi maupun data untuk harus Anda pindahkan ke ponsel baru. Misalnya Anda perlu mem-porting pengaturan, aplikasi, kontak, pesan, file media, dan sebagainya.

Namun begitu, Anda dapat memindahkan beberapa data dari ponsel lama dengan mudah menggunakan caara sederhana seperti aplikasi Google Foto untuk gambar dan aplikasi kontak Google untuk kontak Anda. Tapi bagaimana Anda bisa mentransfer aplikasi dan game Anda ke perangkat baru? Ada dua metode yang perlu Anda lakukan.

Cara Mengembalikan Aplikasi dan Game ke Perangkat Android Anda

Saat Anda mulai menyiapkan ponsel Android baru, Anda akan memiliki opsi untuk menambahkan akun Google Anda. Sangat penting untuk melakukannya karena ini akan membantu Anda memulihkan data cadangan dari perangkat Android lama ke perangkat baru yang sudah tersimpan pada Google Drive Anda.

Anda dapat mentransfer data saat pertama kali menyalakan ponsel Anda dari layar Salin aplikasi & data selama penyiapan awal. Dengan ini, Anda akan dapat dengan cepat memulihkan kontak, aplikasi, foto, dan lainnya dengan mengklik tombol tersebut. Tentu saja, prasyarat ini adalah Anda telah mencadangkan data Android Anda ke akun Google Anda.

Namun, jika Anda memilih untuk melewati langkah ini, semuanya tidak akan hilang. Anda masih dapat memulihkan aplikasi dan game nanti melalui Google Play Store, baik menggunakan aplikasi maupun versi web.

Mengembalikan Aplikasi Langsung Dari Google Play Store

1. Buka aplikasi Google Play Store dan ketuk ikon profil Akun Google Anda, lalu ketuk Kelola aplikasi dan perangkat => Kelola.
2. Ketuk tombol Terpasang. Pilih opsi Tidak diinstal dari pop-up. Maka Google Play Store akan menampilkan semua aplikasi yang pernah Anda unduh pada akun Anda.
3. Gunakan kotak centang pada bagian samping aplikasi untuk memilih yang ingin Anda instal kembali tanpa perlu memikirkan aplikasi apa saja yang ada pada ponsel lama Anda. Ketuk tombol Game hanya untuk melihat aplikasi game yang pernah Anda instal pada ponsel lama.
4. Setelah selesai, ketuk ikon unduh dan tunggu sampai proses instalasi selesai.

Mengembalikan Aplikasi Dengan Googe Play Store Versi Web

Anda juga dapat menggunakan situs web Google Play Store melalui browser desktop apa pun untuk melakukan hal yang sama. Berikut caranya:

1. Buka situs play.google.com dan masuk ke akun Google Anda yang sama dengan ponsel Anda. Klik Aplikasi saya pada kiri atas, lalu pilih aplikasi apa pun yang ingin Anda instal.
2. Karena sebelumnya Anda memiliki aplikasi pada perangkat Anda, semua aplikasi akan menampilkan tombol Terpasang atau mungkin tombol Instal.
3. Selanjutnya, klik Terpasang, pilih perangkat pilihan Anda (jika Anda memiliki lebih dari satu perangkat), dan klik Instal dari pop-up. Jika Google meminta Anda memasukkan kata sandi akun, lakukan, lalu klik Berikutnya untuk memulai pengunduhan.
4. Setelah selesai, maka aplikasi tersebut akan langsung masuk dalam daftar aplikasi pada ponsel Anda.

Begitulah cara yang dapat Anda lakukan jika ingin memulihkan semua aplikasi ke ponsel pintar Android baru Anda. Semoga bisa bermaanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.